Kompas TV regional berita daerah

Alat Terapi Oksigen ini untuk Pasien Covid 19

Kompas.tv - 29 Juni 2020, 16:00 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Lembaga ilmu pengetahuan indonesia atau lipi , membuat alat tertapi oksigen berliran tinggi , untuk pasien covi – 19. Alat yang diberi nama high flow nasal cannula ini, lebih murah dari alat serupa yang diimpor dari luar negeri.

Mendukung upaya penanganan wabah korona , lembaga ilmu pengetahuan indonesia atau lipi  menciptakan alat terapi oksigen beraliran tinggi , yang diberi nama high flow nasal cannula atau HFNC. Alat ini dapat membantu menangani gangguan pernafasan pada pasien covid 19 .

Alat terapi oksigen beraliran tinggi ini, sudah lolos uji dari balai pengamanan fasilitas kesehatan kementrian kesehatan .  Lipi melakukan riset untuk inovasi ini sejak april 2020 ,  dan pengembagannya merupakan hasil kerja sama riset ,  antara lipi dan pt gerlink utama mandiri ,  dalam bentuk kolaborasi pengembangan produk dan pemasarannya .

Alat ini , sangat berguna untuk pasien positif covid 19 , maupun yang berstatus odp maupun pdp , sebagai bantuan tahap awal jika pasien masih dalam kondisi dapat bernafas sendiri . Alat ini mencegah pasien , tidak sampai gagal nafas dan tidak harus diinkubasi menggunakan ventilator .

Alat terapi oksigen beraliran tinggi ini dijual seharga 38 juta rupiah,  lebih murah ketimbang produk buatan cina , dengan fungsi yang sama . Alat ini dapat diproduksi 100 unit perbulan .

Kendati ditujukan untuk penanganan covid 19 ,  alat ini juga dapat digunakan pada pasien yang mempunyai gangguan pernafasan lainnya .

Untuklebihtahuberitater-update seputarJawa Barat, bisaklink link di bawah .

IG :https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube :https://www.youtube.com/c/kompastvjawabarat/

Twitter :https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook :https://www.Facebook.com/kompastvjabar/



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x