Kompas TV regional berita daerah

Lomba Berburu Tikus Menggunakan Senapan Angin

Kompas.tv - 29 Juni 2020, 14:55 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Banyaknya tikus yang mengganggu produktivitas peternakan warga menginisiatif anggota Polsek Ponggok Blitar untuk lomba berburu hama tersebut. Selain untuk membasmi hama tikus lomba yang dilakukan menggunakan senapan angin itu juga dalam rangka memperingati hari bhayangkara.

Menurut warga sejak 1 bulan terkahir produktivitas telur bebek terus berkurang akibat serangan hama tikus. Selain memakan dan mengganggu pakan ternak hama tikus yang berkeliaran juga membuat bebek menjadi stres dan tidak mau bertelur.

Akibatnya para peternak merugi hingga jutaan rupiah, bahkan mereka kini tidak lagi bisa memenuhi ketersediaan pangan di kampung tangguh. Sejak pandemi corona desa ponggok dijadikan sebagai kampung tangguh yang memiliki lumbung pangan bagi warga kurang mampu.

Hal itulah yang menginisiatif Polsek Ponggok untuk menggelar lomba berburu tikus dengan menggunakan senapan angina. Selain efektif untuk menekan populasi tikus kegiatan ini juga digunakan sebagai ajang lomba untuk memperingati hari bhayangkara.

Dalam kegiatan berburu ini setiap satu ekor tikus akan diganti dengan uang sebesar Rp 5 ribu rupiah, Polsek Ponggok berharap dengan adanya perburuan ini hama tikus menjadi berkurang.

#blitar #hama #tikus #lomba #berburu #beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x