Kompas TV kuliner cerita rasa

Rujak Yang Langka Sekali

Kompas.tv - 29 Juni 2020, 12:30 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

PEKALONGAN, KOMPASTV - Salah satu kuliner jaman dulu atau jadul yang kini susah dijumpai adalah rujak bebek atau rujak tumbuk. Rujak bebek merupakan rujak buah yang pembuatannya ditumbuk dengan kayu ini sudah sulit dijumpai.

Baca Juga: Lezatnya Keong Sawah di Pekalongan Ini

Sejumlah ibu rumah tangga di Desa Kebonagung, Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, patungan buah untuk membuat rujak bebek. Ada bengkoang, mangga, pisang klutuk, nanas, hingga jambu biji.

Apa yang ibu-ibu lakukan ini sebagai bentuk kangen akan makanan jadul yang kini sulit dijumpai. Mereka membuat rujak bebek atau rujak tumbuk yang pembuatannya ditumbuk dengan kayu dan lumpang.

Seluruh buah dimasukkan dan ditumbuk menjadi satu sampai halus serta mengeluarkan air dari buah itu.

Untuk menambah segar rujak bebek ini , buah yang ditumbuk akan dicampur terasi, garam, gula aren, hingga cabai. Rujak bebek ini merupakan makanan dari Cirebon, Jawa Barat, yang kini sudah menyebar ke pelosok Nusantara.

Uniknya, untuk menambah sedapnya rujak bebek, cara menikmatinya ialah dengan mangkuk dan sendok daun pisang atau di pekalongan biasa menyebutnya suru. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.