Kompas TV video cerita indonesia

Drainase Berubah Fungsi Menjadi Kolam Ikan

Kompas.tv - 29 Juni 2020, 12:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

MALANG, KOMPASTV - Saudara ada cara yang cukup kreatif yang dilakukan oleh warga Kota Malang dalam memanfaatkan drainase, yakni dengan mengubahnya menjadi kolam ikan. Dengan inovasinya ini selain bisa menghasilkan ikan, membuat kawasan tersebut bebas banjir saat musim hujan.

Total ada 150 meter drainase yang digunakan warga sebagai kolam, 14 kolam ikan yang berada di RW 05 Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing ini. Ikan yang dibudidayakan adalah ikan Lele, nila, tombro hingga ikan koi. Awal dari pemanfaatan drainase ini karena kawasan tersebut sering banjir saat musim hujan. Dari hal tersebutlah warga berusaha membenahi saluran air dan sekaligus menjadikannya tempat budidaya ikan.

Meski awalnya sempat mengalami kegagalan, namun dengan pendampingan dari dinas dinas terkait, warga pun kini telah berhasil membudidayakan ikan air tawar ini. Selain kepada warga sekitar kampung, hasil budidaya ikan ini mereka jual kepada warga luar kampung.selain bernilai komersil, kolam ini juga difungsikan sebagai tempat konservasi, karena warga juga membudidayakan ikan wader yang sudah beberapa kali mereka lepaskan ke sungai.

Selain menggunakan pakan jadi, untuk memberikan makan ikan, warga juga mendapatkan pasokan sisa makanan dari restoran cepat saji yang tidak jauh dari tempat tersebut, sehingga biaya produksi bisa ditekan.

Melihat keberhasilan budidaya ikan di drainase ini, untuk ke depannya, warga berencana menambah kolam untuk budidaya ikan yang tentu saja masih memanfaatkan drainase.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x