Kompas TV internasional kompas dunia

Rangkaian Acara Peringati 70 Tahun Perang Korea

Minggu, 28 Juni 2020 | 17:03 WIB

KOMPAS.TV - Korea Selatan memperingati 70 tahun perang Korea yang telah merengut banyak nyawa.

Korban jiwa termasuk tentara dan warga sipil.

Perang Korea menyebabkan sekitar 5 juta korban jiwa termasuk tentara dan warga sipil.

63 negara mengirim pasukan untuk membantu Korea Selatan selama perang.

Sejumlah negara tersebut tergabung dibawah PBB.

Perang Korea yang terjadi antara tahun 1950-1953 membuat semenanjung Korea terpecah sampai saat ini.

Peringatan 70 tahun perang Korea diadakan di Kota Cheorwon, di utara Korea Selatan, dekat dengan zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea sejak awal 1950-an.

Pejabat militer Korsel dan veteran perang Korea meletakkan karangan bunga untuk memberi penghormatan bagi prajurit yang telah gugur.

Acara peringatan ini ditandai dengan sejumlah upacara, pameran foto, pemutaran film, dan tur ke bekas medan perang.

Namun peringatan tahun ini tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi virus corona.  

Korsel yang kala itu didukung oleh Amerika Serikat dan sejumlah negara di bawah PBB, mengerahkan pasukan untuk menghentikan "Invasi Korea Utara" yang saat itu didukung Tiongkok dan Uni Soviet.

Kementerian urusan patriot dan veteran perang Korea selatan Memperkirakan ada 84.000 veteran perang Korea yang masih hidup.

"Fakta bahwa perang berakhir dengan gencatan senjata dan bukan akhir yang permanen adalah tragedi ketiga. Korea Utara dan Selatan saling bermusuhan selama 70 tahun terakhir setelah perang adalah tragedi keempat," kata Lee Jae-gwon, Kepala Masyarakat Veteran Distrik 

"Berapa lama bangsa kita (Korea bersatu) yang telah bersama selama 5.000 tahun melanjutkan kehidupan bodoh ini?," kata Shin Yang-soon, veteran Perang Korea.

Sementara itu di Korea Utara warga mengunjungi pemakaman martir perang pembebasan tanah air di Ibu Kota Pyongyang.

Mereka meletakkan karangan bunga dan memberi penghormatan bagi prajurit Korea Utara yang telah gugur.

Perang Korea berlangsung selama tiga tahun dan menewaskan jutaan orang termasuk ratusan ribu tentara di kedua belah pihak.

Perang diakhiri pada 27 Juli 1953 dengan kesepakatan gencatan senjata kedua belah pihak.

Namun tidak ada perjanjian damai yang ditandatangani setelah itu sehingga secara resmi perang antar kedua negara Korea ini masih belum berakhir.

Penulis : Reny Mardika


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:42
WHO: NEGARA MISKIN AKAN TERIMA VAKSIN PERTAMA COVID-19 PADA KUARTAL 1 2021   PALESTINA AKAN GELAR PEMILU PRESIDEN DAN PARLEMEN UNTUK PERTAMA KALI SETELAH 15 TAHUN   SEKJEN PBB ANTONIO GUTERRES SERUKAN NEGARA-NEGARA DI DUNIA BERBAGI VAKSIN COVID-19   BNPB: PELABUHAN HINGGA RUMAH SAKIT RUSAK BERAT AKIBAT GEMPA DI SULBAR   PEMKOT PALANGKA RAYA TERAPKAN PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT MULAI 17-31 JANUARI 2021   BAKAMLA KERAHKAN KN SINGA LAUT UNTUK BANTU KORBAN GEMPA DI SULBAR   BPBD PUSATKAN TITIK PENGUNGSIAN DI STADION MAMUJU DAN AREA KANTOR GUBERNUR SULBAR   BPPT: BANJIR DI KALSEL DIKARENAKAN HUJAN EKSTREM   TIM DVI POLRI TERIMA 162 KANTONG JENAZAH KORBAN KECELAKAAN SRIWIJAYA AIR SJ182   KASAL KERAHKAN PRAJURIT, ALUTSISTA, & BANSOS UNTUK OPERASI SAR SRIWIJAYA AIR, GEMPA MAMUJU, & BANJIR MARTAPURA   KOGABWILHAN MENYATAKAN PASIEN COVID-19 DI RSD WISMA ATLET YANG DINYATAKAN SEMBUH MENCAPAI 42.664 ORANG   KAPOLRI INSTRUKSIKAN SELURUH POLDA BANTU RUMAH SAKIT TINGKATKAN KAPASITAS RUANG ISOLASI   HINGGA 16 JANUARI 2021, ADA 143.517 KASUS AKTIF COVID-19 DI INDONESIA   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT SEBANYAK 8.662 ORANG DINYATAKAN SEMBUH DARI VIRUS KORONA