Kompas TV regional berita daerah

Seorang Ibu Melahirkan di Jalan, Hanya Dibantu Kepala Desa

Kompas.tv - 28 Juni 2020, 16:02 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BLITAR, KOMPAS.TV - Aksi mulia ditunjukkan oleh seorang Kepala Desa di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Dengan berani dan tenang, ia membantu proses persalinan warganya di pinggir jalan raya.

Aksi heroik Chusna, Kepala Desa Pasirharjo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar terekam kamera HP warga dan video tersebut viral di media sosial.

Dalam video tersebut, terlihat Chusna dengan tenang membantu persalinan warganya di pinggir jalan. Meski tanpa peralatan medis, ia memberanikan diri menolong Siti Aminah, yang sedang kontraksi.

Kejadian itu bermula saat Siti Aminah hendak memeriksakan kandungannya ke Bidan di Desa. Namun karena tidak janjian terlebih dahulu, sang bidan pun tidak ada rumah.

Di waktu bersamaan, Siti Aminah mengalami kontraksi saat dalam perjalanan. Ia mengerang kesakitan di bagian rahimnya.

Melihat kejadian tersebut, Chusna tak tega dan langsung membantu persalinan. Setelah 5 menit berlangsung, sang ibu berhasil melahirkan seorang bayi dengan berat 3,3 kilogram.

Baca Juga: Viral Wanita Pengidap Gangguan Jiwa Melahirkan di Pinggir Jalan Cilacap

Chusna kemudian menghubungi salah satu perawat Puskesmas untuk memotong talir pusar. Chusna mengaku sudah dua kali membantu warganya yang melahirkan di Jalan.

Ia pun berharap kejadian serupa tidak terulang lagi, karena proses persalinan yang baik harus didampingi oleh petugas medis.

#MelahirkanDiJalan #KepalaDesa #Blitar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x