Kompas TV regional berita daerah

MUI dan Ormas Islam Probolinggo Aksi Tolak RUU HIP

Minggu, 28 Juni 2020 | 12:04 WIB

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Gelombang penolakan terhadap Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila atau RUU HIP terus terjadi.

Di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Majelis Ulama Indonesia bersama sejumlah Ormas Islam turun ke jalan untuk memprotes RUU HIP pada Jumat (26/06).

Mereka terdiri dari Majelis Ulama Indonesia, Ormas Islam, Forum Komunikasi Umat Beragama dan Organisasi Kepemudaan.

Mereka mendatangi kantor DPRD Kabupaten Probolinggo dengan membawa spanduk kecaman. Kedatangan mereka untuk menyampaikan keberatannya terhadap RUU HIP, yang tengah dibahas oleh DPR RI.

Aksi penolakan terus dilakukan, meski DPR RI sudah menyatakan menunda pembahasan RUU HIP. Mereka tidak ingin penundaan, tetapi pembatalan.

Baca Juga: MUI Pandeglang Tolak RUU HIP   

Ketua MUI Kabupaten Probolinggo, Wasik Hanan mengatakan DPR RI harus membatalkan RUU HIP tersebut. Karena Undang-undang 1945 dan batang tubuhnya sudah final dan tidak perlu dibahas lagi.

Dalam aksinya, mereka ditemui Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Andi Suryanto Wibowo, di ruangan DPRD setempat. Andi Suryanto Wibowo berjanji akan meneruskan aspirasi warga ke DPR RI. Ia menilai RUU HIP patut dibatalkan, karena memunculkan penolakan.

Usia bertemu pimpinan DPRD, massa kemudian membubarkan diri. Namun mereka mengancam akan turun jalan lagi, jika RUU HIP kembali dibahas oleh DPR RI.

#RuuHip #Mui #OrmasIslam

Editor : KompasTV Jember



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:40
BACA BERITA KOMPAS.ID, BONUS E-BOOK GRAMEDIA DIGITAL. SEGERA AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   MENANG 8-2 ATAS BARCELONA, BAYERN MUENCHEN LANJUT KE SEMIFINAL LIGA CHAMPIONS   KEMENTERIAN PUPR SIAP SALURKAN INSENTIF PRASARANA, SARANA, DAN UTILITAS RUMAH BERSUBSIDI   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA IMBAU WARGA TAK GELAR LOMBA PERINGATAN HUT KE-75 RI KARENA PANDEMI KORONA   PEMKOT DENPASAR AKAN TERAPKAN SANKSI DENDA DAN SOSIAL BAGI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   PT KAI DAOP 2 BANDUNG OPERASIKAN KEMBALI 3 KERETA API JARAK JAUH KE ARAH JATENG DAN JATIM   PEMAIN BELAKANG BARCELONA ASAL PERANCIS SAMUEL UMTITI POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA   KAPOLSEK JENU, TUBAN, JAWA TIMUR, BENARKAN DAGING BANTUAN PROGRAM BPNT TIDAK LAYAK KONSUMSI   WAKIL KETUA DPRD DKI ZITA ANJANI MINTA WARGA TIDAK MEMBUAT LOMBA PERINGATAN 17 AGUSTUS   PEMERINTAH SPANYOL MELARANG WARGANYA MEROKOK DI JALAN UMUM UNTUK CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   PBB TELUSURI LIMBAH BERBAHAYA BEKAS LEDAKAN DI BEIRUT, LEBANON   GIANT EXTRA MARGO CITY DITUTUP SEMENTARA AKIBAT ADA PEGAWAI YANG POSITIF COVID-19