Kompas TV video cerita indonesia

Pemuda Tegal Ciptakan Robot Pembantu Tenaga Medis

Kompas.tv - 28 Juni 2020, 12:55 WIB
Penulis : Aryo bimo

TEGAL, KOMPAS.TV - 5 orang pemuda asal Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, membuat robot untuk membantu para tenaga medis. Pembuatan robot ini bertujuan untuk mengurangi interaksi antara tenaga medis dengan pasien Covid-19. 

Robot yang diberi nama Nyong Robot ini sengaja dirancang untuk membantu tenaga medis yang bertugas melayani pasien Covid-19 di Rumah Sakit. Robot ini masih berupa purwarupa atau prorotipe yang dapat berfungsi sebagai pengantar obat, makanan atau dokumen di ruang isolasi.

Uji coba dilakukan untuk memastikan robot berfungsi dengan baik, selain tentunya dengan evaluasi. Menurut rencana, robot nantinya akan dilengkapi dengan kamera, monitor, dan mikrofon. 

Tujuan pemasangan alat-alat elektronik tersebut agar robot bisa berinteraksi secara langsung dengan pasien melalui layar monitor. Robot menggunakan energi yang bersumber dari aki. 

Pembuatan robot dilakukan secara otodidak dari buku dan hasil melihat video tutorial di media sosial Youtube.

Para pemuda ini berharap akan mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah untuk bisa belajar robot ke luar negeri. Mereka bercita-cita untuk menciptakan robot lain seperti robot pemadam kebakaran, robot pemotong rumput, dan robot pertanian.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x