Kompas TV nasional peristiwa

Begini Rekayasa Lalu Lintas dan Pengamanan Saat CFD di Jakarta, Tetap Gunakan Masker!

Kompas.tv - 28 Juni 2020, 07:04 WIB
begini-rekayasa-lalu-lintas-dan-pengamanan-saat-cfd-di-jakarta-tetap-gunakan-masker
Tampak suasana Car Free Day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu pagi (21/6/2020). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Komisaris Besar (Kombes) Sambodo Purnomo Yogo mengatakan bahwa pada saat hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) hari ini, Minggu (28/6/2020) adda rekayasa lalu lintas yang berlangsung di 32 lokasi.

Baca Juga: Pesan Gugus Tugas Pusat untuk Pengunjung Lokasi CFD, Patuhi Protokol Kesehatan

Salah satu titik lokasi itu adalah di Jalan Pemuda, Jakarta Timur. CFD di Jalan Pemuda ini digelar sepanjang 1,6 kilometer.

Titiknya dimulai dari simpang Jalan Pemuda menuju Velodrome, hingga simpang Jalan Raya Bekasi menuju Pemuda.

Pengendara yang melintas dari arah timur ke barat dapat memanfaatkan jalur alternatif Jalan Raya Bekasi-Palad-Taruna-Pulo Asem Utara Raya-Kayu Putih-Balap Sepeda-Velodrome.

Atau melalui Jalan Bekasi Timur Raya-Jatinegara Kaum-Persahabatan Timur-Cipinang Baru Utara-Pegambiran-Paus.

Kendaraan arah sebaliknya melintasi Jalan Velodrome-Balap Sepeda-Kayu Putih-Kayu Putih Selatan-Taruna-Palad-Raya Bekasi.

Di samping itu dapat pula ditempuh Jalan Persahabatan Timur-Paus-Perserikatan-Alu-Alu-Jatinegara Kaum-Bekasi Timur Raya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 500 personel gabungan TNI-Polri akan ikut mengamankan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD).

Pasukan gabungan TNI-Polri tersebut bertugas bersama personel Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP DKI Jakarta selama mengamankan berlangsungnya CFD.

"Mereka bergabung bersama petugas Dishub dan Satpol PP DKI di 32 titik berlangsung jam 06.00-09.00 WIB," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Sambodo Purnomo Yogo, Sabtu (27/6/2020), seperti dilansir Antara.

Menurut Sambodo, jumlah tersebut telah disepakati bersama dengan Dishub DKI Jakarta pada rapat koordinasi Jumat (26/6/2020) lalu.

Seluruh personel tersebut akan memberi peringatan kepada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga: Pakar Epidemiologi Beri Saran Pemprov DKI Tiadakan CFD hingga Vaksin Covid-19 Ditemukan

Oleh karena itu, Sambodo bersama pihak terkait tetap mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker sebelum dan pada saat berolahraga di lokas CFD.

"Kalau tidak (gunakan masker) maka tidak boleh masuk area CFD," ujar Sambodo.

Namun begitu, pihaknya bersama petugas yang lain akan menyiapkan masker jika ditemukan pengunjung yang lupa menggunakan masker sebagai bagian dari protokol kesehatan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x