Kompas TV nasional sapa indonesia

CFD Disebar Besok, Biker: Kalo Gak Sanggup Patuh Mending Ditiadakan!

Sabtu, 27 Juni 2020 | 23:11 WIB

KOMPAS.TV - Pemerintah DKI Jakarta memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan car free day atau hari bebas kendaraan bermotor, HBKB, di Jalan Jenderal Sudirman-M.H. Thamrin, mulai pekan ini.

Kebijakan ini diambil setelah pelaksanaan car free day pada 21 Juni lalu menuai kritik karena dianggap mengabaikan protokol kesehatan.

Sebagai gantinya, Pemprov DKI memecah lokasi car free data di 32 titik yang tersebar di lima wilayh Ibu Kota.

Untuk wilayah Jakarta Pusat, ada delapan titik yang disiapkan, di antaranya Jalan Suryopranoto, Jalan Percetakan Negara, dan Jalan Pejagalan Raya.

Di Jakarta Barat, juga ada delapan titik yang bisa digunakan warga untuk berolah raga, di antaranya di Jalan Gadjah Mada, Hayam Wuruk, dan Jalan Putri Harum.

Sementara untuk Jakarta Utara,  ada enam ruas jalan sebagai pengganti car free day.

Misalnya di Jalan Danau Sunter Selatan, sisi inspeksi kali Sunter, dan Jalan Kelapa Hibrida.

Di Jakarta Selatan, kegiatan hari bebas kendaraan bermotor bisa dilakukan di lima titik, seperti di jalan layang non-Tol Antasari, Jalan Sultan Iskandar Muda, dan Jalan Tebet Barat Dalam Raya.

Lima ruas jalan juga disiapkan di Jakarta Timur.

Misalnya di Jalan Pemuda, Jalan Ra Fadilah, dan Jalan Inspeksi Bkt.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, penyebaran kegiatan hari bebas kendaraan bermotor ini bertujuan untuk memecah kerumuman.

Ia mengingatkan, warga tetap harus melakukan protokol kesehatan  saat di luar rumah,

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, meski car free day dipindah ke 32 lokasi, jalur sepeda di Sudirman-Thamrin tetap bisa digunakan oleh peseda  yang hendak melintas.

Keputusan Pemprov DKI untuk menghentikan sementara kegiatan car free day ditanggapi beragam oleh sejumlah pengguna sepeda.

Pemprov DKI Jakarta harus tetap menerapkan aturan ketat, agar kasus positif Corona di Ibu Kota tak makin bertambah.

Editor : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:44
PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON RESMI JADI TUAN RUMAH KONFERENSI VIRTUAL BANTUAN UNTUK LEDAKAN DI BEIRUT, LEBANON   DIRLANTAS POLDA METRO JAYA: PELANGGAR GANJIL-GENAP DI DKI JAKARTA DITILANG MULAI SENIN, 10 AGUSTUS 2020   KORBAN DARI TERSANGKA KASUS "FETISH" KAIN JARIK INGIN PEMERINTAH SEGERA MELAKUKAN PEMBAHASAN & PENGESAHAN RUU PKS   SEKJEN PDI-P HASTO KRISTIYANTO: PILKADA 2020 AKAN JADI STIMULUS PENGGERAK DI TENGAH LESUNYA PEREKONOMIAN   INDIKATOR POLITIK INDONESIA MINTA PENYELENGGARA PEMILU AWASI CALON PETAHANA SOAL PEMBERIAN BANSOS SELAMA PANDEMI   KEMDIKBUD MEMINTA SEKOLAH TERAPKAN KURIKULUM YANG SAMA BAGI SISWA BELAJAR DI RUMAH DAN DI SEKOLAH   FSGI: KEBIJAKAN PEMERINTAH IZINKAN SEKOLAH TATAP MUKA DI WILAYAH ZONA KUNING BERPOTENSI JADI KLASTER BARU KORONA   SATGAS COVID-19 JAWA TIMUR AKAN TUNGGU WILAYAH MENJADI ZONA HIJAU SEBELUM MEMBUKA SEKOLAH TATAP MUKA   KEPALA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO BERHARAP PIHAK TERKAIT PILIH ORANG YANG TEPAT UNTUK EDUKASI & SOSIALISASI MASKER   KEPALA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO SEBUT ANGKA KESADARAN MENGGUNAKAN MASKER DI INDONESIA MASIH RENDAH   KABUPATEN KULON PROGO, YOGYAKARTA MENCATAT KASUS KEMATIAN PERTAMA AKIBAT KORONA   PENGADILAN NEGERI SURABAYA TUTUP PELAYANAN SELAMA DUA PEKAN SETELAH TUJUH ASN POSITIF KORONA   GUBERNUR SUMSEL: SEMUA PASIEN KONTAK ERAT & KASUS SUSPEK AKAN MENJALANI ISOLASI MANDIRI DI RUMAH MASING-MASING   GUBERNUR SUMSEL: MULAI 31 AGUSTUS 2020, WISMA ATLET JAKABARING PALEMBANG TAK LAGI RAWAT PASIEN KORONA