Kompas TV nasional berita kompas tv

Ciptakan Alat Terapi Oksigen, Klaim Cegah Pasien Alami Gagal Nafas

Kompas.tv - 27 Juni 2020, 04:31 WIB

BANDUNG, KOMPAS.TV - Untuk membantu penanganan pasien covid-19, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, LIPI, menciptakan alat terapi oksigen yang diklaim dapat mencegah pasien mengalami gagal nafas. Harganya pun lebih murah jika dibandingkan dengan alat yang didatangkan dari luar negeri.

Alat terapi oksigen beraliran tinggi, yang diberi nama High Flow Nasal Cannula atau HFNC. Pembuatan alat ini, untuk mendukung upaya penanganan wabah corona yang masih melanda indonesia.

Dalam pembuatan HFNC, LIPI telah melakukan riset sejak April 2020. Alat ini juga merupakan kerja sama LIPI dengan PT Gerlink Utama Mandiri, yang berkolaborasi untuk pengembangan produk dan pemasarannya.

Alat terapi oksigen beraliran tinggi ini, sudah lolos uji dari balai pengamanan fasilitas kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Alat ini sangat berguna untuk pasien positif covid-19, ataupun mereka yang berstatus ODP dan PDP.

Diklaim sebagai alat yang dapat memberikan bantuan tahap awal jika pasien masih dalam kondisi dapat bernapas sendiri. Alat ini juga diklaim bisa mencegah pasien, mengalami gagal napas, sehingga tidak harus diinkubasi menggunakan ventilator.

Alat terapi oksigen beraliran tinggi ini dijual seharga Rp 38 juta, lebih murah jika dibandingkan dengan produk buatan negara lain. Namun alat ini diklaim memiliki fungsi yang sama. setiap bulan, High Flow Nasal Cannula atau HFNC diproduksi 100 unit.

HFNC buatan lipi ini diharapkan mampu membantu penanganan pasien covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Ini Dia RI-GHA Covid-19, Alat Rapid Test Ciptaan Anak Bangsa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.