Kompas TV nasional update corona

Tiga Lokasi Ini Berpotensi Jadi Tempat Penularan Covid-19 di Masa New Normal

Kompas.tv - 26 Juni 2020, 18:35 WIB
tiga-lokasi-ini-berpotensi-jadi-tempat-penularan-covid-19-di-masa-new-normal
Ilustrasi new normal (Sumber: Mutie Aryantie)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Pemerintah membeberkan tiga lokasi yang berporensi menjadi titik penularan Covid-19.

Ketiga titik ini sering didatangi dalam kehidupan sehari-hari saat adaptasi kebiasaan baru atau new normal nanti.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto menjelaskan berdasarkan kajian dari para ahli kantor, tempat makan dan transportasi massal menjadi lokasi yang berpotensi penularan Covid-19.

Baca Juga: WAJIB TAHU! Tips Aman Berolahraga di Masa New Normal

Untuk menghindari penularan Covid-19 di kantor, pemilik perusahaan atau pengelola disarankan mencermati tiga hal. Pertama memperhatikan pengisian ruang dengan jumlah orang.

Pengisian ruangan ini untuk memastikan setiap pekerja di kantor bisa menjaga jarak setidaknya 1,5 meter, antara satu dengan yang lain.

Lalu, yang harus dicermati bahwa adanya kontak yang lama antara sesama karyawan akan berpeluang untuk terjadi penularan.

Baca Juga: Update Corona 26 Juni 2020: 51.427 Positif, 21,333 Sembuh

Para karyawan juga diharuskan menjaga jarak dan tetap memakai masker saat berada di ruang kerja. Kemudian, harus mengatur ventilasi dan sirkulasi udara di kantor.

"Diupayakan penggunaan pendingin ruangan tidak sepanjang waktu. Mungkin dimulai pada jam tertentu. Dan diupayakan juga setiap hari udara di dalam kantor berganti udara segar dari luar," ujarnya saat jumpa pers di gedung BNPB, Jumat (26/6/2020).

Pada lokasi kedua, lanjut Yurianto, mayoritas individu akan sering berada di lokasi tersebut di jam tertentu, misalnya saat makan siang.

Oleh karenanya, pemilik tempat makan dan masyarakat harus disiplin menjaga jarak, mengindari kerumunan dan memakai masker saat berada di tempat makan.

Baca Juga: Positif Corona 4 Pegawai, Kantor Kelurahan Cengkareng Timur Tutup Sementara

Untuk sarana transportasi massal. Yurianto menjelaskan pemerintah sudah menempuh sejumlah kebijakan untuk mengurai kepadatan penumpang.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan di masa new normal di lokasi-lokasi yang menjadi potensi penularan Covid-19.

Menurut Yurianto, dalam new normal nanti, ada tiga kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan, yakni memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan memakai sabun.

"Jadi produktivitas harus kembali dilakukan tetapi syarat mutlaknya harus aman dan mampu menjalankan protokol kesehatan dengan baik," ujar Yuri.

Baca Juga: 13 Pedagang Positif Corona, Pasar Enjo Ditutup!

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.