Kompas TV regional berita daerah

Massa Tolak Pembahasan RUU HIP Berakhir dengan Pembakaran Bendera PKI

Kompas.tv - 26 Juni 2020, 18:15 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV – Terkait kontroversi Rancangan Undang-undang yang diinisiasi DPR ini telah diprotes sejumlah elemen masyarakat.

Termasuk di provinsi Lampung, ratusan warga di Bandar Lampung melakukan ujuk rasa pada jumat (26/6/2020) sore. Aksi massa kali ini menolak RUU Haluan Ideologi Pancasila atau RUU HIP untuk di bahas di sidang DPR.

Pernyataan sikap ini dilakukan oleh massa yang tergabung dalam Forum Suara Masyarakat Lampung, massa meminta DPR membatalkan pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila karena dinilai syarat penyimpangan.

Penolakan terhadap pembahasan RUU HIP dilakukan dengan aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD Provinsi Lampung, dalam aksi ini sempat diwarnai pembakaran bendera partai komunis indonesia atau PKI.

  RUU HIP menuai penolakan, karena adanya konsep trisila dan ekasila dalam salah satu pasal.

Baca Juga: Syarat Nikah di Tengah Pandemi Sesuai Surat Edaran Kementerian Agama

Usulan DPR ini dilatar belakangi oleh belum adanya landasan hukum yang mengatur Haluan Ideologi Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

#RUUHIP #HaluanIdeologiPancasila #AksiMassaTolakRUUHIP 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.