Kompas TV regional berita daerah

Gajah Masuk Kebun Warga Di Sumsel

Kamis, 25 Juni 2020 | 19:21 WIB

PALEMBANG.KOMPAS.TV-2 ekor gajah liar di Sumsel, masuk ke perkebunan warga. Masuknya gajah membuat tanaman sawit warga rusak.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam, BKSDA Sumsel, Genman Hasibuan  menerangkan, masuknya gajah ke perkebunan warga di Desa Cengal OKI, Sumatera Selatan, sudah terjadi sejak dua pekan terakhir.

Gajah masuk ke kebun, untuk mencari makan, setelah habitatnya sempit dan dikelilingi kebun sawit.

Saat ini petugas BKSDA Sumsel, sedang berupaya menghalau gajah kembali ke habitatnya, meski sulit, karena berjarak 100 kilometer.

Masuknya gajah ke perkebunan warga menjadi biasa terjadi pada waktu tertentu, terlebih saat pakannya habis.

BKSDA mimeminta warga untuk tidak menanam tanaman yang menjadi pakan gajah di sekitar habitatnya.

Ada 8 kantong gajah liar di Sumatera Selatan dengan jumlah tak kurang dari 150 ekor, terakhir konflik yang terjadi di desa Cengal, diduga gajah berasal dari kantong Mesuji.

BKSDA Sumsel mencatat, Januari hingga Juni konflik gajah dengan manusia terjadi 4 kali di provinsi ini.

Konflik gajah dan manusia akan berlanjut sampai ada regulasi khusus terkait habitat gajah dan perkebunan warga.

#konflik #gajah #sumsel

Penulis : KompasTV Palembang





BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Puluhan Pengguna Narkoba Ditangkap

Selasa, 20 April 2021 | 17:35 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:43
KSAD: 4 JENDERAL TNI AD KAWAL KASUS PENGEROYOKAN ANGGOTA KOPASSUS DI JAKARTA SELATAN PADA MINGGU, 18 APRIL 2021   PEMERINTAH TERUS KEMBANGKAN RISET TENTANG PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PANAS BUMI (PLTP) SKALA KECIL   POLISI BANTAH ISU KEBAKARAN DI TAMAN SARI DILAKUKAN DENGAN SENGAJA YANG DIPICU PERTENGKARAN SUAMI ISTRI   PRESIDEN JOKOWI: SAYA DUKUNG RISET VAKSIN COVID-19   PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN TIDAK INGIN LARUT DALAM POLEMIK TERKAIT TERAPI SEL DENDRITIK   MENRISTEK: PEMERINTAH SIAPKAN PENGEMBANGAN ENERGI NUKLIR UNTUK LISTRIK MASA DEPAN   PEMERINTAH MEMPERSIAPKAN PENANGANAN SEKITAR 40.000 PEKERJA MIGRAN YANG AKAN MUDIK KE TANAH AIR   MENKO PMK: DIBANDINGKAN TAHUN LALU, PEMBATASAN PERGERAKAN 2021 DI MASA PANDEMI COVID-19 LEBIH LELUASA   HARI INI, MENDAG LEPAS EKSPOR PRODUK SISTEINA DARI PASURUAN, JATIM, KE AMERIKA SERIKAT SENILAI USD 800.000   KSAD JENDERAL ANDIKA PERKASA MENGAKUI KASUS PRAJURIT DESERSI ATAU MENINGGALKAN DINASNYA SERING TERJADI   FRAKSI PDI-P DPRD DKI MINTA RUMAH MENLU PERTAMA ACHMAD SOEBARDJO DIJADIKAN CAGAR BUDAYA   JUBIR KEMENKOMINFO DEDY PERMADI: UJARAN KEBENCIAN YANG DILONTARKAN JOZEPH PAUL ZHANG TIDAK DAPAT DITOLERANSI   MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO: TEKAN ANGKA IMPOR, PENGEMBANGAN BAHAN BAKAR DARI KELAPA SAWIT TERUS DILANJUTKAN   PEMERINTAH TERUS KEMBANGKAN RISET TENTANG ENERGI BARU TERBARUKAN