Kompas TV regional berita daerah

Sebaran Titik Panas Sumsel Naik

Kamis, 25 Juni 2020 | 19:03 WIB

PALEMBANG.KOMPAS.TV-Pada periode Januari hingga Juni, sebaran titik panas di Sumatera Selatan naik, dibanding periode yang sama, tahun sebelumnya. Jumlah titik panas diperkirakan terus meningkat hingga Oktober mendatang.

Meski Sumatera Selatan masih diguyur hujan, namun sebaran titik panas justru naik, akibat perluasan pantauan sebaran titik panas.

Hal itu dilakukan untuk penanganan cepat karhutla tahun ini. Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Sumsel, Ansori mengatakan, sebaran titik panas Januari hingga Juni 2020 mencapai 1.850 titik, naik signifikan pada periode yang sama tahun 2019 berjumlah 311 titik.

Kondisi ini masih kondusif, karena masih ada curah hujan dan permukaan air masih tinggi.

Diperkirakan Sumsel akan memasuki musim panas pada Agustus nanti.

Sudah ada 2.000 petugas gabungan yang disiapkan untuk penanganan karhutla di Sumsel tahun ini, terpusat di Ogan Komering Ilir yang memiliki lahan gambut dalam terluas.

Jumlah petugas lebih banyak dibanding tahun sebelumnya, yang kurang dari 1.000 personil.

Sebelumnya Pemerintah Daerah Sumsel, menetapkan status siaga darurat kahutla pada Mei hingga akhir Oktober mendatang.

Upaya pencegahan karhutla sudah dilakukan, mulai dari penegakan hukum dipertegas dan sosialiasi diperluas untuk warga.

#karhutla #sumsel #titikpanas

Editor : KompasTV Palembang



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:57
BACA BERITA KOMPAS.ID, BONUS E-BOOK GRAMEDIA DIGITAL. SEGERA AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   MENANG 8-2 ATAS BARCELONA, BAYERN MUENCHEN LANJUT KE SEMIFINAL LIGA CHAMPIONS   KEMENTERIAN PUPR SIAP SALURKAN INSENTIF PRASARANA, SARANA, DAN UTILITAS RUMAH BERSUBSIDI   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA IMBAU WARGA TAK GELAR LOMBA PERINGATAN HUT KE-75 RI KARENA PANDEMI KORONA   PEMKOT DENPASAR AKAN TERAPKAN SANKSI DENDA DAN SOSIAL BAGI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   PT KAI DAOP 2 BANDUNG OPERASIKAN KEMBALI 3 KERETA API JARAK JAUH KE ARAH JATENG DAN JATIM   PEMAIN BELAKANG BARCELONA ASAL PERANCIS SAMUEL UMTITI POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA   KAPOLSEK JENU, TUBAN, JAWA TIMUR, BENARKAN DAGING BANTUAN PROGRAM BPNT TIDAK LAYAK KONSUMSI   WAKIL KETUA DPRD DKI ZITA ANJANI MINTA WARGA TIDAK MEMBUAT LOMBA PERINGATAN 17 AGUSTUS   PEMERINTAH SPANYOL MELARANG WARGANYA MEROKOK DI JALAN UMUM UNTUK CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   PBB TELUSURI LIMBAH BERBAHAYA BEKAS LEDAKAN DI BEIRUT, LEBANON   GIANT EXTRA MARGO CITY DITUTUP SEMENTARA AKIBAT ADA PEGAWAI YANG POSITIF COVID-19