Kompas TV feature news or hoax

Sambut Era Baru PSBB Transisi - NEWS OR HOAX (Bag3)

Kamis, 25 Juni 2020 | 13:34 WIB

Kemacetan sudah terlihat di ruas jalanan ibu kota. Meningkatnya jumlah kendaraan menandakan kesiapan warga untuk menjalani kegiatan seperti keseharian mereka di tengah pandemi ini.

Sejumlah pegawai telah kembali bekerja di kantor pada masa psbb transisi. Namun tentunya dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh masing-masing perusahaan.

Selain jam kerja yang perlahan mulai normal, pemprov DKI Jakarta juga telah mengeluarkan izin kembali beroperasinya tempat ibadah, tempat rekreasi, dan  mal. Namun, jam operasionalnya harus memenuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Untuk mengurangi penumpukan penumpang setiap jam kerja, dinas tenaga kerja, transmisi, dan energi disnaker DKI Jakarta mengatur ketentuan waktu masuk, pulang, serta istirahat kantor bagi pekerja atau karyawan di ibu kota.

Sejak 15 juni 2020 lalu, pemprov DKI Jakarta juga sudah memberikan izin kepada 80 mal untuk kembali beroperasi. Sebelum kembali dibuka, masing-masing mal menyempurnakan protokol kesehatan bagi keamanan pengunjung.

Ketua Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia, APPBI, DKI Jakarta Ellen Hidayat menyatakan pihaknya kini tengah menyempurnakan peralatan dengan touchless, sebagai upaya menghindari bersentuhan.

Jam operasional mal pun dibatasi. Mal dibuka mulai pukul 11 siang hingga pukul 8 malam. Untuk saat ini, pemprov juga membatasi umur pengunjung mal. Anak yang berusia  lima tahun ke bawah masih dilarang masuk ke mal.

Selain itu, tempat bermain anak, bioskop, tempat fitness, tempat karaoke, hingga perawatan tubuh dan wajah masih belum diberi izin untuk beroperasi sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Beberapa sektor yang sebelumnya beroperasi dapat diteruskan, dan sejumlah sektor yang sebelumnya dilarang beroperasi, bisa mulai dibuka secara bertahap. Namun, perlu diingat bahwa protokol kesehatan tetap harus dijalankan.

#NewsorHoax #NewNormal #NewNormalJakarta

Editor : Novian Zainul Arifin



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:59
HOTLINE KBRI BEIRUT +961 3199 493   TERCATAT 1.447 WNI BERADA DI LEBANON, 1.234 DI ANTARANYA ADALAH PASUKAN KONTINGEN GARUDA   KEMENLU TERUS PANTAU DAN PASTIKAN KONDISI WNI PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PERANCIS KIRIM 2 PESAWAT MILITER KE BEIRUT UNTUK BANTUAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN PASCA-LEDAKAN BESAR   SEBANYAK 300.000 PENDUDUK KEHILANGAN RUMAH AKIBAT LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PRESIDEN LEBANON MICHEL AOUN JANJIKAN PENYELIDIKAN TRANSPARAN ATAS LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   ISRAEL BANTAH TERLIBAT DALAM LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   SEBANYAK 30 TENAGA KESEHATAN RSUD SOGATEN, KOTA MADIUN, TES "SWAB" SETELAH 1 DOKTER POSITIF TERINFEKSI KORONA   BUPATI OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN, ILYAS PANJI ALAM, SEMBUH DARI KORONA   BUKA PARIWISATA UNTUK TURIS DOMESTIK, PEMPROV BALI FOKUS BANGUN KEPERCAYAAN WISATAWAN DI TENGAH PANDEMI   PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI DI WILAYAH KUNINGAN, JABAR, DIBUKA KEMBALI MULAI SABTU, 8 AGUSTUS 2020   KEMENDIKBUD MINTA PEMKOT BEKASI HENTIKAN SIMULASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA DI 6 SEKOLAH   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI IMBAU WARGANYA TIADAKAN LOMBA 17-AN YANG SIFATNYA MENGUNDANG KERUMUNAN   DINKES DKI JAKARTA INGATKAN MASYARAKAT UNTUK BAHU-MEMBAHU ATASI PANDEMI KORONA