Kompas TV feature news or hoax

Sambut Era Baru PSBB Transisi - NEWS OR HOAX (Bag3)

Kamis, 25 Juni 2020 | 13:34 WIB

Kemacetan sudah terlihat di ruas jalanan ibu kota. Meningkatnya jumlah kendaraan menandakan kesiapan warga untuk menjalani kegiatan seperti keseharian mereka di tengah pandemi ini.

Sejumlah pegawai telah kembali bekerja di kantor pada masa psbb transisi. Namun tentunya dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh masing-masing perusahaan.

Selain jam kerja yang perlahan mulai normal, pemprov DKI Jakarta juga telah mengeluarkan izin kembali beroperasinya tempat ibadah, tempat rekreasi, dan  mal. Namun, jam operasionalnya harus memenuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Untuk mengurangi penumpukan penumpang setiap jam kerja, dinas tenaga kerja, transmisi, dan energi disnaker DKI Jakarta mengatur ketentuan waktu masuk, pulang, serta istirahat kantor bagi pekerja atau karyawan di ibu kota.

Sejak 15 juni 2020 lalu, pemprov DKI Jakarta juga sudah memberikan izin kepada 80 mal untuk kembali beroperasi. Sebelum kembali dibuka, masing-masing mal menyempurnakan protokol kesehatan bagi keamanan pengunjung.

Ketua Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia, APPBI, DKI Jakarta Ellen Hidayat menyatakan pihaknya kini tengah menyempurnakan peralatan dengan touchless, sebagai upaya menghindari bersentuhan.

Jam operasional mal pun dibatasi. Mal dibuka mulai pukul 11 siang hingga pukul 8 malam. Untuk saat ini, pemprov juga membatasi umur pengunjung mal. Anak yang berusia  lima tahun ke bawah masih dilarang masuk ke mal.

Selain itu, tempat bermain anak, bioskop, tempat fitness, tempat karaoke, hingga perawatan tubuh dan wajah masih belum diberi izin untuk beroperasi sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Beberapa sektor yang sebelumnya beroperasi dapat diteruskan, dan sejumlah sektor yang sebelumnya dilarang beroperasi, bisa mulai dibuka secara bertahap. Namun, perlu diingat bahwa protokol kesehatan tetap harus dijalankan.

#NewsorHoax #NewNormal #NewNormalJakarta

Penulis : Novian Zainul Arifin





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:30
KSAD: 4 JENDERAL TNI AD KAWAL KASUS PENGEROYOKAN ANGGOTA KOPASSUS DI JAKARTA SELATAN PADA MINGGU, 18 APRIL 2021   PEMERINTAH TERUS KEMBANGKAN RISET TENTANG PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PANAS BUMI (PLTP) SKALA KECIL   POLISI BANTAH ISU KEBAKARAN DI TAMAN SARI DILAKUKAN DENGAN SENGAJA YANG DIPICU PERTENGKARAN SUAMI ISTRI   PRESIDEN JOKOWI: SAYA DUKUNG RISET VAKSIN COVID-19   PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN TIDAK INGIN LARUT DALAM POLEMIK TERKAIT TERAPI SEL DENDRITIK   MENRISTEK: PEMERINTAH SIAPKAN PENGEMBANGAN ENERGI NUKLIR UNTUK LISTRIK MASA DEPAN   PEMERINTAH MEMPERSIAPKAN PENANGANAN SEKITAR 40.000 PEKERJA MIGRAN YANG AKAN MUDIK KE TANAH AIR   MENKO PMK: DIBANDINGKAN TAHUN LALU, PEMBATASAN PERGERAKAN 2021 DI MASA PANDEMI COVID-19 LEBIH LELUASA   HARI INI, MENDAG LEPAS EKSPOR PRODUK SISTEINA DARI PASURUAN, JATIM, KE AMERIKA SERIKAT SENILAI USD 800.000   KSAD JENDERAL ANDIKA PERKASA MENGAKUI KASUS PRAJURIT DESERSI ATAU MENINGGALKAN DINASNYA SERING TERJADI   FRAKSI PDI-P DPRD DKI MINTA RUMAH MENLU PERTAMA ACHMAD SOEBARDJO DIJADIKAN CAGAR BUDAYA   JUBIR KEMENKOMINFO DEDY PERMADI: UJARAN KEBENCIAN YANG DILONTARKAN JOZEPH PAUL ZHANG TIDAK DAPAT DITOLERANSI   MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO: TEKAN ANGKA IMPOR, PENGEMBANGAN BAHAN BAKAR DARI KELAPA SAWIT TERUS DILANJUTKAN   PEMERINTAH TERUS KEMBANGKAN RISET TENTANG ENERGI BARU TERBARUKAN