Kompas TV feature news or hoax

Pendidikan Di Masa Transisi - NEWS OR HOAX (Bag2)

Kamis, 25 Juni 2020 | 13:33 WIB

Juli 2020 mendatang, semua siswa di indonesia akan memasuki tahun ajaran baru untuk 2020-2021. Keputusan ini telah disampaikan melalui menteri pendidikan dan kebudayaan, Nadiem Makarim.

Pada masa tahun ajaran baru 2020-2021, mendikbud menegaskan bahwa sekolah-sekolah yang berada di zona kuning, oranye, dan merah, dilarang melakukan kegiatan tatap muka.

Daerah yang termasuk di dalam zona ini mencakup 94 persen dari total semua sekolah yang ada di wilayah indonesia yang berada dalam 429 wilayah kabupaten atau kota.

Sedangkan, 6 persen sisanya merupakan wilayah yang masuk  ke dalam zona hijau yang tersebar di 85 kabupaten atau kota dan diperbolehkan untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar secara tatap muka.

Para kepala daerah juga diminta untuk segera menghentikan kegiatan tatap muka atau emergency brake apabila status zona di wilayah hijau ini mengalami peningkatan.

Perlu diperhatikan bahwa masih ada 94 persen sekolah dengan tingkatan dari dini hingga menengah yang harus menerapkan sistem pembelajaran dirumah.

Kendala ini terjadi karena masalah infrastruktur yang tidak merata di berbagai daerah, bila di kota besar para siswa mudah mendapatkan akses internet, hal ini tidak berlaku bagi para siswa yang berada di daerah pedalaman yang mengalami kendala akses seperti sinyal dan fasilitas yang memadai.

Berdasarkan data dari federasi Serikat Guru Indonesia,  hanya sekitar 47 persen sekolah di indonesia yang punya akses internet, sedangkan 53 persen sisanya belum punya fasilitas untuk bisa mengakses internet. Kendala ini pun belum ditambah oleh sebagian murid sekolah yang tidak memiliki biaya untuk membeli paket internet.

Tentu ini yang harus jadi perhatian pemerintah karena keterampilan digital dan akses internet jadi kunci sukses metode pembelajaran jarak jauh dalam menyambut adaptasi kebiasaan baru, mengingat 94 persen sekolah masih masuk dalam wilayah zona kuning, oranye, dan merah.

#NewsorHoax #PPDB #TahunAjaranBaru

Editor : Novian Zainul Arifin



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:14
HOTLINE KBRI BEIRUT +961 3199 493   TERCATAT 1.447 WNI BERADA DI LEBANON, 1.234 DI ANTARANYA ADALAH PASUKAN KONTINGEN GARUDA   KEMENLU TERUS PANTAU DAN PASTIKAN KONDISI WNI PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PERANCIS KIRIM 2 PESAWAT MILITER KE BEIRUT UNTUK BANTUAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN PASCA-LEDAKAN BESAR   SEBANYAK 300.000 PENDUDUK KEHILANGAN RUMAH AKIBAT LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PRESIDEN LEBANON MICHEL AOUN JANJIKAN PENYELIDIKAN TRANSPARAN ATAS LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   ISRAEL BANTAH TERLIBAT DALAM LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   SEBANYAK 30 TENAGA KESEHATAN RSUD SOGATEN, KOTA MADIUN, TES "SWAB" SETELAH 1 DOKTER POSITIF TERINFEKSI KORONA   BUPATI OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN, ILYAS PANJI ALAM, SEMBUH DARI KORONA   BUKA PARIWISATA UNTUK TURIS DOMESTIK, PEMPROV BALI FOKUS BANGUN KEPERCAYAAN WISATAWAN DI TENGAH PANDEMI   PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI DI WILAYAH KUNINGAN, JABAR, DIBUKA KEMBALI MULAI SABTU, 8 AGUSTUS 2020   KEMENDIKBUD MINTA PEMKOT BEKASI HENTIKAN SIMULASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA DI 6 SEKOLAH   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI IMBAU WARGANYA TIADAKAN LOMBA 17-AN YANG SIFATNYA MENGUNDANG KERUMUNAN   DINKES DKI JAKARTA INGATKAN MASYARAKAT UNTUK BAHU-MEMBAHU ATASI PANDEMI KORONA