Kompas TV feature news or hoax

Kompilasi Hoax 21 Juni 2020 - NEWS OR HOAX (Bag1)

Kamis, 25 Juni 2020 | 13:33 WIB

Pada 10 juni lalu, indonesia merayakan hari media sosial. Bertetapan dengan peringatan hari tersebut, kapolri jenderal Idham Azis meminta masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Hal ini terkait banyaknya kelalaian berujung pidana akibat penggunaan media sosial yang tidak bijak.

Dikutip dari laman kompas dot com, kapolri mengingatkan untuk tidak ikut berpartisipasi dalam menyebarkan berita bohong atau hoaks, hasutan, serta ujaran kebencian. Karena menurutnya, dampak dari berita hoaks dapat memengaruhi cara berpikir seseorang.

Dalam keterangan tertulisnya, Idham Azis juga mengatakan  “medsos sangat berperan penting untuk media komunikasi dan informasi di era globalisasi ini. Tapi ingat,  di sana ada jejak digital yang sulit dihapus sehingga kita harus bijak menggunakannya”. 

Selain itu, ia juga  menyarankan agar masyarakat mengunggah konten yang berisi hal-hal positif seperti yang  bersifat edukatif dan inspiratif.

Namun, dalam kenyataan  di lapangan, berita bohong masih saja banyak ditemukan, apalagi informasi-informasi hoaks yang berkaitan dengan covid-19 yang banyak tersebar di masyarakat. Sebut saja dalam kurun waktu 6 bulan terakhir, terdapat 137 ribu lebih informasi hoaks yang tersebar terkait virus korona.

Minggu ini, tim news or hoax juga telah mengumpulkan berbagai berita hoax terkait penjualan organ, izin menjemput jenazah penderita covid-19, isu kapal tenggelam di makassar, dan viralnya informasi ribuan ikan yang terdampar di pantai bali.

#NewsorHoax #KompilasiHoax #Hoax

Penulis : Novian Zainul Arifin





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:08
PT PERTAMINA PASTIKAN DISTRIBUSI BBM DAN ELPIJI DI JAWA TIMUR AMAN PASCAGEMPA DI MALANG   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG MERUPAKAN LOMPATAN TEKNOLOGI YANG BAIK BAGI INDONESIA   ANGKUT BANSOS, KRI SEMARANG-594 SINGGAH DI SURABAYA SEBELUM MENUJU KE FLORES TIMUR UNTUK SALURKAN BANTUAN   BANDARA PEKON SERAI DI PESISIR BARAT-LAMPUNG RESMI BERGANTI NAMA MENJADI BANDAR UDARA MUHAMMAD TAUFIQ KIEMAS   PINTU MASUK TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK AKAN DITUTUP SEMENTARA MULAI PUKUL 05.00-10.00 WIB   NAMA TOL LAYANG TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK AKAN DIUBAH MENJADI JALAN LAYANG MOHAMMED BIN ZAYED   BESOK, PRESIDEN JOKOWI DIJADWALKAN AKAN MERESMIKAN NAMA BARU TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.193: 3.284 SEMBUH, 179 MENINGGAL DUNIA, DAN 730 DALAM PERAWATAN   DINKES: PASIEN COVID-19 YANG MASIH DIRAWAT ATAU MENJALANI ISOLASI MANDIRI DI TANGSEL MENCAPAI 236 ORANG    PEMERINTAH TENGAH MENGKAJI PERTANDINGAN SEPAK BOLA DENGAN PENONTON DI TENGAH PANDEMI COVID-19   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MEMINTA PEMDA TURUT MENARUH PERHATIAN KHUSUS TERHADAP SEPAK BOLA   MUI MINTA SEMUA PIHAK BERIKAN PERHATIAN SERIUS DALAM MENCEGAH AKSI TERORISME DI KALANGAN ANAK MUDA   KEPALA BNPT BOY RAFLI AMAR AJAK TOKOH LINTAS AGAMA BUAT PROGRAM MENANGKAL PAHAM RADIKAL TERORISME    MENKUMHAM SEBUT PEMERINTAH AKAN BANGUN TIGA LAPAS KHUSUS NAPI TERORISME DI NUSAKAMBANGAN, JATENG