Kompas TV tekno gadget

Ternyata 7 Fitur Baru iOS 14 Sudah Ada di Android Sejak Lama

Kompas.tv - 24 Juni 2020, 19:02 WIB
ternyata-7-fitur-baru-ios-14-sudah-ada-di-android-sejak-lama
iOS 14 Resmi Diumumkan, Fitur Barunya Disebut Kian Mirip Android (Sumber: forbes.com)
Penulis : Laura Elvina

KOMPAS.TV - Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Apple, resmi memperkenalkan sistem operasi generasi terbarunya, iOS 14, melalui ajang tahunan Worldwide Developers Conference ( WWDC) 2020, pada Selasa (23/6/2020) dini hari.

Kehadiran iOS 14 otomatis membawa sejumlah fitur-fitur baru dan peningkatan yang sebelumnya tidak dimiliki oleh iOS 13.

Namun di antara peningkatan fitur yang hadir pada iOS 14, terdapat sejumlah fitur-fitur yang sebelumnya telah lama hadir pada sistem operasi Android.

Berikut merupakan daftar fitur baru iOS 14 yang sebelumnya telah dimiliki Android, sebagaimana dirangkum dari Cnet, Rabu (24/6/2020).

1. Translate

Fitur Translate tentu sudah tidak asing lagi bagi para pengguna Android dan Google. Telah hadir selama 14 tahun, aplikasi besutan Google tersebut mampu menerjemahkan obrolan dalam delapan bahasa secara real-time. Kini, pengguna iOS 14 pun sudah bisa menikmati kemudahan yang serupa. Fitur Translate yang hadir pada iOS 14 itu bahkan mampu menerjemahkan 11 bahasa secara real time termasuk bahasa Inggris, Mandarin, Perancis, Jerman, dan Korea.

2. Widgets

Untuk pertama kalinya, Apple memutuskan untuk mengikuti jejak Android, dengan menghadirkan Widget pada layar home screen iPhone. Widget dapat ditemukan dengan mengusap layar ke kiri pada home screen. Dengan fitur ini, pengguna iOS 14 dapat melihat ramalan cuaca, jam alarm dan berbagai menu lainnya melalui layar home screen. Di sisi lain, fitur Widget bahkan sudah hadir pada Google Android sejak tahun 2008 lalu.

3. App Clips

Fitur ini merupakan pembaruan kecil namun cukup bermanfaat. Singkatnya, App Clips mampu memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi pembayaran. App Clips telah dilengkapi dengan fitur NFC dan QR Code, sehingga pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk melakukan kegiatan seperti membayar parkir. Kode pada App Clips juga dapat dibagikan melalui aplikasi perpesanan Messages dan browser Safari serta telah kompatibel pada Apple Pay. Pada tahun 2016 lalu, Google pernah meluncurkan Instant Apps, yang menawarkan kelebihan serupa. Aplikasi ini mampu membagikan kode URL, sehingga pengguna tak lagi harus mengunduh aplikasi untuk melakukan transaksi tertentu.

4. App Library

Fitur ini dapat dibilang mirip dengan App Drawer (aplikasi laci) yang sebelumnya dimiliki oleh Android. App Library berfungsi untuk mengelompokkan aplikasi ke dalam berbagai kategori tertentu secara otomatis, seperti recently added untuk aplikasi baru yang di-install, social media, entertainment, dan sebagainya. Melalui fitur ini, pengguna iOS 14 kini dapat menyembunyikan aplikasi yang terpampang pada layar home screen mereka. 

5. Apple Maps Cycling Directions

Selain menyediakan rute bagi para pengendara sepeda motor, kendaraan bermobil serta pejalan kaki, aplikasi Maps kini turut menyediakan rute khusus untuk para pengendara sepeda. Maps kini dapat menyajikan beragam informasi yang bermanfaat seperti tingkat ketinggian dataran rute, kondisi kepadatan lalu lintas serta ketersediaan tangga di sepanjang rute yang diambil. Selain hadir pada iOS 14, fitur ini turut tersedia pada WatchOS 7 untuk wearable Apple Watch. Kembali pada 10 tahun yang lalu, Google telah menawarkan fitur yang serupa. Bedanya, Google tidak menyediakan detail mengenai adanya ketersediaan tangga.

6. Picture-in-Picture

Setelah sebelumnya hadir pada iPad, fitur picture-in-picture (PiP) kini muncul secara perdana pada iOS 14. Fitur ini memungkinkan pengguna menonton video, termasuk video chat dalam layar kecil sembari membuka aplikasi lain di ponsel. Sedangkan fitur picture-in-picture bukanlah hal yang baru bagi pengguna Android. Namun tak seperti di iOS 14, ketika video digeser maka audio otomatis akan menghilang alias tidak dapat terdengar.

7. Wind Down Mode

Terakhir, ada Wind Down Mode yang berfungsi untuk membantu pengguna ketika sedang bersiap-siap untuk tidur. Dengan Wind Down Mode, pengguna dapat mengatur waktu tidur dan bangun, serta memasang mode "Do Not Disturb" pada ponsel. Meski sebelumnya telah membawa fitur yang serupa, namun Android tidak memiliki beragam konten tambahan seperti opsi meditasi atau musik penenang yang hadir pada iOS 14.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.