Kompas TV nasional berita kompas tv

Gelar Demo RUU HIP, FPI Cs Tunggu Pimpinan DPR Sampai Datang

Kompas.tv - 24 Juni 2020, 16:09 WIB
gelar-demo-ruu-hip-fpi-cs-tunggu-pimpinan-dpr-sampai-datang
Kepadatan arus lalu lintas akibat massa aksi FPI cs menutup akses jalan di depan gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (24/6/2020). (Sumber: ANTARA/HO- Humas TransJakarta)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Sejumlah ormas Islam menggelar aksi di depan Gedung DPR RI, Jakarta, siang ini, Rabu (24/6/2020).

Mereka antara lain Front Pembela Islam (FPI), Persaudaraan Alumni 212 (PA 212), Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF), dan sejumlah ormas Islam lain.

Aksi tersebut menuntut Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) ditarik dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

Baca Juga: Aksi Massa Depan DPR Tuntut RUU HIP Ditarik dari Prolegnas, Polisi: Jika Padat Lalin Dialihkan

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Jazuli Juwaini menemui perwakilan pendemo RUU HIP bersama perwakilan anggota DPR lainnya.

Jazuli menyampaikan bahwa dirinya bersama anggota Badan Legislasi DPR RI berinisiatif menemui pendemo lebih dulu sebelum Pimpinan DPR RI.

"Kami menemui ini bukan ingin merebut panggung pimpinan DPR, tapi kami menerima ini untuk menunggu tamu-tamu ini, para ulama dan habaib tidak lama-lama menunggu. Supaya mereka ada yang menyapa," kata Jazuli di Ruang Rapat KK 2 Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Rabu, sebagaimana dikutip dari Antara.

Namun, pimpinan rombongan perwakilan pendemo Yusuf Martak menilai bahwa pertemuan itu tidak bisa diwakilkan oleh satu Fraksi DPR saja.

Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama itu mengatakan, pihaknya sangat menantikan perwakilan Pimpinan DPR serta mendapat pencerahan dari Baleg DPR RI tentang siapa pengusul RUU HIP itu untuk diproses hukum.

Akhirnya dalam pertemuan itu disepakati, untuk menunggu Pimpinan DPR RI sampai datang.

Selain Yusuf Martak, perwakilan pendemo juga diwakili oleh Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212, Ustadz Slamet Ma'arif, Ketua Umum FPI Ahmad Sobri Lubis, perwakilan Pemuda Pancasila, dan perwakilan FBR.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.