Kompas TV nasional berita kompas tv

Prajurit TNI Gugur di Kongo, Jenderal Andika: 1 Lainnya Terluka, Mudah-mudahan Masih Ada Harapan

Kompas.tv - 24 Juni 2020, 14:20 WIB
prajurit-tni-gugur-di-kongo-jenderal-andika-1-lainnya-terluka-mudah-mudahan-masih-ada-harapan
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa saat melayat di Puri Cikeas Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/6/2020). (Sumber: ANTARA/M Fikri Setiawan)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa, angkat bicara terkait gugurnya prajurit TNI, Sersan Mayor Rama Wahyudi, saat bertugas sebagai anggota pasukan perdamaian di Misi MONUSCO, Republik Demokratik Kongo. 

Menurut Jenderal Andika, pihaknya telah proaktif mencari tahu kabar mengenai kondisi para prajurit TNI yang bertugas di Kongo itu.

Saat ini, kata Jenderal TNI Andika, mereka sedang menunggu kronologis peristiwa itu. Selanjutnya, akan dilakukan evaluasi.

Baca Juga: Prajurit TNI Tewas Terbunuh Saat Patroli di Kongo

"Itu adalah operasi di-handle Mabes TNI. Yang jelas kami akan mengevaluasi dan kami ingin mendapat kronologi yang sebenarnya,” kata Andika di Mabes AD, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020).

Menurut dia, TNI AD menyiapkan pasukan untuk misi perdamaian. Namun, untuk penugasan semua atas perintah Mabes TNI.

"Walaupun kami hanya menyiapkan personel, penugasan semuanya dari Mabes TNI. Kami bisa menyiapkan mereka (prajurit) lebih siap," kata Andika.

Baca Juga: Viral! Kronologi Aksi TNI Cegah Kontak Senjata Tentara Lebanon dan Israel

Berdasarkan informasi yang diterimanya, ada prajurit TNI lain yang mengalami luka-luka dalam serangan tersebut.

"Satu yang meninggal, satu lainnya luka-luka. Ya, mudah-mudahan masih ada harapan untuk pulih," katanya.

Terkait dengan pemulangan jenazah, mantan Pangkostrad ini mengatakan bahwa Mabes TNI yang akan segera mengurus jenazah prajurit TNI itu karena yang memberangkatkan seluruh prajurit TNI yang tergabung dalam misi perdamaian itu.

"Kalau pengurusan, jelas dari Mabes TNI karena memang operasi mereka yang menggelar, mereka yang merencanakan, kemudian menyiapkan, menganggarkan mereka, kami  juga proaktif. Artinya, kami sudah berhubungan dengan keluarga dengan satuannya," ucapnya.

Baca Juga: Kronologi Prajurit TNI Hadang Tank Israel di Lebanon

Meninggalnya Serma Rama Wahyudi telah dikonfirmasi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melalui unggahan di akun Twitter miliknya, Rabu (24/6).

“Penghargaan setinggi-tingginya kepada almarhum Serma Rama Wahyudi atas pengabdiannya dalam menjaga perdamaian dunia. Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu diberi ketabahan,” tulis Menlu Retno.

Mengutip laporan AFP dari sumber PBB, anggota pasukan perdamaian dari Indonesia terbunuh dan seorang lainnya terluka dalam serangan oleh milisi pada Senin (22/6) malam, di bagian timur Republik Demokratik Kongo.

Baca Juga: 14 Purnawirawan TNI Temui Presiden Jokowi, Turut Hadir Tri Sutrisno dan Agum Gumelar, Ada Apa?

Patroli mereka diserang sekitar 20 kilometer dari Kota Beni di Provinsi Kivu Utara.

Menlu Retno mengatakan bahwa Dewan Keamanan PBB telah mengutuk keras serangan kepada MONUSCO dan meminta otoritas Kongo untuk melakukan investigasi dan membawa pelakunya ke meja pengadilan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x