Kompas TV klik360 cerita indonesia

Manisnya Madu Dari Lahan Tidur

Selasa, 23 Juni 2020 | 15:00 WIB

BANGKA BELITUNG, KOMPASTV - Bripka Jaka, Bhabinkamtibmas Desa Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung manfaatkan lahan tidur disekitar Polsek Jebus menjadi tempat budidaya madu kelulut.

Lebah madu kelulut dipilih, lantaran potensi dari alam sekitar yang masih banyak tumbuh pohon pohon hutan sebagai makanan untuk madu madu kelulut ini.

Baca Juga: Inilah Dambus, Alat Musik Petik Khas Bangka Belitung

Berkaca dari potensi daerah lain yang alam sekitarnya sama, menjadi alasan Jaka untuk mencoba membudi dayakan madu kelulut.

Sebagian masyarakat sekitar pun telah menjadikan budidaya ini sebagai mata pencaharian mereka, lantaran nilai ekonomis madu kelulut yang cukup tinggi.

Baca Juga: Wisata Edukasi di Bangka Belitung

Proses budidaya madu kelulut berawal dari, mengambil pohon yang sudah berlubang yang ada di daerah bakau, dan menyiapkan kotak kayu sebagai tempat lebah membuat sarang agar menghasilkan madu.

Madu kelulut yang sudah panen, biasanya dijual dengan harga 50 ribu rupiah per 100 mililiter, dan telah dipasarkan hingga ke pulau bali.

Editor : Anas Surya



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:21
PANDEMI COVID-19, FILIPINA BERLAKUKAN KARANTINA DI MANILA SELAMA DUA PEKAN   KEMENPAN RB SEBUT GAJI KE-13 MASIH MENUNGGU PERSETUJUAN PRESIDEN JOKOWI   ENAM TAHANAN KEJAKSAAN NEGERI JOMBANG, JAWA TIMUR, POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA   HARI PERTAMA PEMBERLAKUAN GANJIL-GENAP, KADISHUB MENGATAKAN TIDAK ADA LONJAKAN PENUMPANG ANGKUTAN UMUM   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO BANTAH USULKAN WARGA SIPIL BOLEH MEMILIKI SENJATA API   RUSIA MENYATAKAN AKAN MEMULAI PRODUKSI VAKSIN-19 PADA NOVEMBER 2020   PRESIDEN JOKOWI INGIN PANDEMI COVID-19 MENJADI MOMENTUM PERCEPATAN TRANSFORMASI DIGITAL   MALAYSIA TIDAK WAJIBKAN PENGGUNA KENDARAAN PRIBADI BERMASKER   KABID HUMAS POLDA SUMSEL: LEDAKAN DI MAKO BRIMOB BERASAL DARI PETASAN SISA DARI ACARA PEMBUKAAN ASIAN GAMES 2018   MANTAN ANGGOTA BAWASLU AGUSTIANI TIO FRIDELINA DITUNTUT 4 TAHUN 6 BULAN PENJARA TERKAIT KASUS HARUN MASIKU   MENGAKU PAKAR MIKROBIOLOGI, HADI PRANOTO: SAYA BUKAN DOKTER, SAYA BUKAN ANGGOTA IDI   TIONGKOK KIRIM TENAGA KESEHATAN UNTUK BANTU HONG KONG YANG MENGHADAPI GELOMBANG KETIGA COVID-19   VIETNAM MENCATAT 6 KEMATIAN AKIBAT TERINFEKSI VIRUS KORONA    PEMKOT TANGERANG BATASI PESERTA UPACARA 17 AGUSTUS HANYA UNTUK 50 ORANG