Kompas TV kuliner cerita rasa

Lezatnya Keong Sawah di Pekalongan Ini

Selasa, 23 Juni 2020 | 09:20 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Keong sawah atau dalam bahasa latinnya Pilla Ampulacea adalah sejenis siput yang hidup di air tawar. Meski sering dianggap sebagai makanan yang mewah, namun keong sawah ini tinggi nilai protein dan kandungan kalsiumnya namun justru rendah kolesterol.

Tak mengherankan jika banyak yang suka masakan berbahan dasar keong sawah ini . Baik sebagai lauk pauk maupun digaduh.

Baca Juga: Ayam Ingkung Purwokerto, Mumtaz!

Jika biasanya keong sawah atau kroco dalam bahasa jawa ini dimasuk secera sederhana dengan parutan kelapa dan kuah, sebuah warung makan di di daerah kalibanger, Pekalongan Timur , Kota Pekalongan menyajikannya dalam menu yang tidak biasa, yakni keong gemes dan gule keong.

Keong gemes, selain berbahan dasar keong sawah juga dicampur dengan kerang, jamur dan lain-lainya. Disajikan dalam bentuk rasa asam manis, benar-benar membuat pelanggan ketagihan. Porsinya yang lumayan banyak, membuat pelanggan seringkali tidak menggunakan nasi untuk menikmatinya.

Meski sama-sama keong sawah, namun keong yang digunakan oleh warung ini bukan sembarang keong atau keong sawah biasa. Namun keong hasil budidaya dari  Demak dan Surabaya. Jadi meski musim kemarau, persediaan keong tetap ada.
 
Warung makan spesial keong yang  sejak buka satu setengah tahun lalu, tak pernah sepi pengunjung, terutama pada jam makan siang. Meski letaknya tidak di tepi jalan raya, tetap banyak karyawan sejumlah instansi yang sengaja datang untuk menikmati masakan yang tak ada di sembarang tempat ini.

Bagi anda pemburu kuliner yang berada di kota pekalongan dan sekitarnya atau sedang berada di kota pekalongan, belum nikmat rasanya jika belum mencicipi keong gemes dan gule keong dari warung makan Bu San ini.

Baca Juga: Review Soto Asli Purwokerto Yuk!

 

Penulis : Krisna Aditomo




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:55
HARGA EMAS BATANGAN PT ANTAM HARI INI TURUN RP 5.000 MENJADI RP 923.000 PER GRAM   WAPRES MA'RUF AMIN: NILAI UANG YANG DIWAKAFKAN DAN TERHIMPUN MELALUI GERAKAN NASIONAL WAKAF UANG (GNWU) AKAN TERJAGA    WAKIL KETUA KOMISI III DPR AHMAD SAHRONI BERHARAP KEJAGUNG TAK MENGAJUKAN TUNTUTAN RENDAH TERHADAP DJOKO TJANDRA   HARI INI, JAKSA BACAKAN TUNTUTAN TERHADAP TERDAKWA DJOKO TJANDRA DI PENGADILAN TIPIKOR JAKARTA   KEJAGUNG SITA BUS HINGGA ROLL ROYCE DARI TERSANGKA KASUS ASABRI    KEJAGUNG SITA SEJUMLAH ASET EKS DIRUT PT ASABRI SONNY WIDJAJA DALAM KASUS DUGAAN TINDAK PIDANA KORUPSI   KEMENKES: WARGA JAKARTA HARUS DAFTAR MELALUI APLIKASI HALODOC JIKA INGIN MELAKUKAN VAKSINASI “DRIVE THRU”   KEMENKES: VAKSINASI COVID-19 “DRIVE THRU” DI JIEXPO KEMAYORAN BERLANGSUNG SETIAP HARI PUKUL 09.00-16.00 WIB   MULAI 3 MARET 2021, LANSIA DI JAKARTA BISA IKUT VAKSINASI COVID-19 “DRIVE THRU” DI JIEXPO KEMAYORAN    LEMBAGA BIOLOGI MOLEKULER EIJKMAN: VAKSIN COVID-19 MASIH EFEKTIF MELAWAN MUTASI VIRUS KORONA ASAL INGGRIS ATAU B.1.1.7    PRESIDEN JOKOWI MEMINTA SEMUA PIHAK BEKERJA KERAS MEMPERCEPAT PEMULIHAN KONDISI PEREKONOMIAN INDONESIA   PRESIDEN JOKOWI MENYATAKAN PANDEMI COVID-19 MENYEBABKAN KONDISI PEREKONOMIAN INDONESIA SANGAT TERGANGGU    PEMKOT TANGSEL MENYATAKAN SIAP GELAR KEGIATAN BELAJAR TATAP MUKA JIKA TARGET VAKSINASI COVID-19 GURU TERCAPAI   HINGGA 4 MARET 2021, PASIEN COVID-19 DI RUMAH SAKIT DARURAT WISMA ATLET KEMAYORAN MENCAPAI 4.464 ORANG