Kompas TV kuliner cerita rasa

Lezatnya Keong Sawah di Pekalongan Ini

Kompas.tv - 23 Juni 2020, 09:20 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Keong sawah atau dalam bahasa latinnya Pilla Ampulacea adalah sejenis siput yang hidup di air tawar. Meski sering dianggap sebagai makanan yang mewah, namun keong sawah ini tinggi nilai protein dan kandungan kalsiumnya namun justru rendah kolesterol.

Tak mengherankan jika banyak yang suka masakan berbahan dasar keong sawah ini . Baik sebagai lauk pauk maupun digaduh.

Baca Juga: Ayam Ingkung Purwokerto, Mumtaz!

Jika biasanya keong sawah atau kroco dalam bahasa jawa ini dimasuk secera sederhana dengan parutan kelapa dan kuah, sebuah warung makan di di daerah kalibanger, Pekalongan Timur , Kota Pekalongan menyajikannya dalam menu yang tidak biasa, yakni keong gemes dan gule keong.

Keong gemes, selain berbahan dasar keong sawah juga dicampur dengan kerang, jamur dan lain-lainya. Disajikan dalam bentuk rasa asam manis, benar-benar membuat pelanggan ketagihan. Porsinya yang lumayan banyak, membuat pelanggan seringkali tidak menggunakan nasi untuk menikmatinya.

Meski sama-sama keong sawah, namun keong yang digunakan oleh warung ini bukan sembarang keong atau keong sawah biasa. Namun keong hasil budidaya dari  Demak dan Surabaya. Jadi meski musim kemarau, persediaan keong tetap ada.
 
Warung makan spesial keong yang  sejak buka satu setengah tahun lalu, tak pernah sepi pengunjung, terutama pada jam makan siang. Meski letaknya tidak di tepi jalan raya, tetap banyak karyawan sejumlah instansi yang sengaja datang untuk menikmati masakan yang tak ada di sembarang tempat ini.

Bagi anda pemburu kuliner yang berada di kota pekalongan dan sekitarnya atau sedang berada di kota pekalongan, belum nikmat rasanya jika belum mencicipi keong gemes dan gule keong dari warung makan Bu San ini.

Baca Juga: Review Soto Asli Purwokerto Yuk!

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.