Kompas TV nasional berita kompas tv

Masih Pandemi Corona, Warga Demo Tolak Kedatangan TKA Asal China

Selasa, 23 Juni 2020 | 03:00 WIB

KOMPAS.TV - Gelombang unjuk rasa menolak kedatangan 500 Tenaga Kerja Asing asal China kembali terjadi di Konawe, Sulawesi Tenggara.

Pengunjuk rasa memprotes izin yang diberikan pada tenaga kerja asing, terutama karena status pandemi corona.

Pengunjuk rasa menggelar demonstrasi di depan kantor bupati konawe.

Menanggapi aksi protes, Wakil Bupati Konawe memastikan Pemda akan menerapkan perda tentang pemeriksaan kesehatan bagi TKA yang akan bekerja di wilayah Konawe terutama di tengah pandemi. Perusahaan yang mempekerjakana tka wajib menaati aturan ini.

Meskipun kewenangan mendatangkan 500 TKA ada di Pemerintah Pusat . Pemda konawe akan mengelola perekrutan karwayan lokal yang akan berkeja di pabrik pemurnian nikel di morosi.

Unjuk rasa penolakan terhadap kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) di Sulawesi Tenggara juga terjadi di kabupaten Kolaka.

Para mahasiswa yang tergabung dalam HMI Kabupaten Kolaka sempat bentrok dengan aparat kepolisian dan Satpol PP.

Mahasiswa memaksa masuk Gedung DPRD Kolaka, namun sempat ditolak karena alasan tidak mengikuti protokol kesehatan.

Wakil Ketua DPRD akhirnya menemui para mahasiswa, yang menuntut DPRD Kabupaten Kolaka , mengirim surat rekomendasi penolakan kedatangan 500 TKA di Sultra.

Sebelumnya, DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, secara tegas menolak kedatangan tenaga kerja asing di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, selama pandemi corona masih berlangsung.

DPRD Sulawesi Tenggara juga menginginkan penjelasan Gubernur Sulawesi Tenggara, tentang jumlah kebutuhan tenaga kerja asing dan kualifikasi mereka.
 

Editor : Anjani Nur Permatasari



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:58
BACA BERITA KOMPAS.ID, BONUS E-BOOK GRAMEDIA DIGITAL. SEGERA AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   MENANG 8-2 ATAS BARCELONA, BAYERN MUENCHEN LANJUT KE SEMIFINAL LIGA CHAMPIONS   KEMENTERIAN PUPR SIAP SALURKAN INSENTIF PRASARANA, SARANA, DAN UTILITAS RUMAH BERSUBSIDI   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA IMBAU WARGA TAK GELAR LOMBA PERINGATAN HUT KE-75 RI KARENA PANDEMI KORONA   PEMKOT DENPASAR AKAN TERAPKAN SANKSI DENDA DAN SOSIAL BAGI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   PT KAI DAOP 2 BANDUNG OPERASIKAN KEMBALI 3 KERETA API JARAK JAUH KE ARAH JATENG DAN JATIM   PEMAIN BELAKANG BARCELONA ASAL PERANCIS SAMUEL UMTITI POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA   KAPOLSEK JENU, TUBAN, JAWA TIMUR, BENARKAN DAGING BANTUAN PROGRAM BPNT TIDAK LAYAK KONSUMSI   WAKIL KETUA DPRD DKI ZITA ANJANI MINTA WARGA TIDAK MEMBUAT LOMBA PERINGATAN 17 AGUSTUS   PEMERINTAH SPANYOL MELARANG WARGANYA MEROKOK DI JALAN UMUM UNTUK CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   PBB TELUSURI LIMBAH BERBAHAYA BEKAS LEDAKAN DI BEIRUT, LEBANON   GIANT EXTRA MARGO CITY DITUTUP SEMENTARA AKIBAT ADA PEGAWAI YANG POSITIF COVID-19