Kompas TV nasional berita kompas tv

JPU Minta Hakim Menolak Pembelaan Dua Terdakwa Penyerang Novel Baswedan

Senin, 22 Juni 2020 | 19:35 WIB
jpu-minta-hakim-menolak-pembelaan-dua-terdakwa-penyerang-novel-baswedan
Terdakwa penyerang penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jakarta, Kamis (19/3/2020). (Sumber: TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

JAKARTA, KOMPASTV – Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri Jakarta Utara menolak seluruh nota pembelaan dua terdakwa penyerang Novel BaswedanRahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis.

Jaksa menilai pembelaan terdakwa yang melakukan perbuatan secara spontan dan dilakukan tanpa perencanaan tidak dapat dibenarkan lantaran kedua terdakwa telah sengaja mencari alamat, meminjam motor, melakukan survei dan melakukan penyerangan terhadap Novel Baswedan.

Jaksa juga menyinggung mengenai alasan terdakwa melakuan penyerangan karena memberi pelajaran tidak dapat dibenarkan.

Baca Juga: Jaksa Sebut Nota Pembelaan Penyerang Novel Baswedan Tak Dapat Dibuktikan

Menurut JPU, terdakwa Rahmat Kadi Mahulette sudah punya 'mens rea' dengan tidak menceritakan maksudnya bahkan kepada Ronny Bugis.

Rahmat Kadi, sambung JPU, juga sadar melakukan penyerangan terhadap Novel Baswedan. JPU menilai kesengajaan itu adalah kehendak atau mengetahui apa yang harus diperbuat.

"Kami jaksa penuntut umum meminta Yang Mulia menolak nota pembelaan yang disampaikan penasihat hukum terdakwa. Penuntut Umum tetap berpegang pada surat tuntutan yang sudah kami bacakan pada Kamis, 11 Juni 2020," kata JPU Kejari Jakarta Utara Satria Irawan saat membacakan replik di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Senin (22/6/2020).

Editor : Johannes Mangihot

1
2



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Polres Muaro Jambi Razia Masker

Sabtu, 19 September 2020 | 19:20 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
19:43
PANDEMI KORONA, PEMKAB PROBOLINGGO WAJIBKAN PABRIK SEDIAKAN RUMAH SEHAT   LPSK SIAP LINDUNGI SAKSI DALAM KASUS KEBAKARAN GEDUNG KEJAGUNG    KPU SIDOARJO SIAPKAN BILIK KHUSUS PEMILIH BERSUHU TUBUH DI ATAS 37,3 DERAJAT CELSIUS DI TPS    PEMPROV NUSA TENGGARA BARAT TARGETKAN PRODUKSI 1.000 UNIT SEPEDA LISTRIK   KEMENTERIAN SOSIAL BERIKAN 8.000 PAKET SEMBAKO UNTUK WARGA SEMARANG   PEMPROV RIAU SEDIAKAN FASILITAS ISOLASI UNTUK 1.521 PASIEN COVID-19 DENGAN GEJALA RINGAN DAN TANPA GEJALA   KEMENTERIAN PUPR: PENYERAPAN PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA CAPAI 84,3 PERSEN   KETUA MPR MINTA KPU BERSINERGI DENGAN DUKCAPIL MEMVERIFIKASI DAN MEMUTAKHIRKAN DATA PEMILIH PADA PILKADA 2020   LPSK HARAP PEMERINTAH BENAHI PROSES PERIZINAN DALAM PEREKRUTAN & PENEMPATAN ANAK BUAH KAPAL (ABK)   TINGKATKAN PENDAPATAN PETANI, PEMKAB MALANG, JATIM, DORONG INOVASI DI SEKTOR PERTANIAN    KEMENTERIAN PERDAGANGAN AKAN TERUS GENCARKAN PROMOSI PRODUK BERBASIS GEOGRAFIS   PILKADA 2020, KETUA DPR MINTA KPU DAN BAWASLU SOSIALISASIKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 SECARA RINCI DAN MASIF   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL