Kompas TV regional berita daerah

Makin Produktif Saat Work From Home Dengan Bercocok Tanam

Kompas.tv - 22 Juni 2020, 14:06 WIB
Penulis : KompasTV Manado

Manado , Kompas.tv- Saudara , banyak aktivitas produktif lain yang bisa dilakukan Aparatur Sipil Negara ataupun Karyawan swasta yang mendapat jatah "Work From Home" di tengah Pandemi COVID-19 ini. Seperti yang dicetuskan salah seorang ASN di kota manado, yang justru makin produktif dengan bercocok tanam di halaman rumah, usai mengerjakan tugas kantor dari rumah.

Memanfaatkan waktu bekerja dari rumah kala pandemi COVID-19, Liny Tambajong justru semakin produktif.

Pekarangan rumahnya yang selama ini kosong, kemudian menjadi tempat "Pelarian" mengisi waktu senggang setelah bebas tugas dari "Work From Home" . Apalagi Pemerintah kota Manado masih membatasi pergerakan warga di luar rumah, karena jumlah pasien terpapar virus Corona masih tinggi.

Setiap Pagi dan Sore  usai mengerjakan tugas kantor dari rumah, Dua bulan mengisi masa "WFH", Liny menginisiasi aktivitas bercocok tanam.

Sebagai permulaan dirinya mencoba beragam sayuran yang masa panennya sekitar dua hingga tiga bulan, seperti sayuran hijau Pokcay, Lettuce merah, Tomat, Cabai keriting, Cabai rawit, Seledri, Kangkung, Terong hingga Kacang panjang.

Mulai menanam sejak bulan April lalu, sayuran yang kini bisa dipanen untuk dinikmati keluarga adalah Pokcay, Kangkung , Lettuce merah serta Cabai.

Selain bisa mengonsumsi sayuran segar untuk kebutuhan keluarganya tanpa harus mengeluarkan biaya ekstra di pasar, Liny kini mendapat manfaat lain dari bercocok tanam.

Dimana dirinya bisa beraktivitas fisik di luar ruangan yang membuatnya bisa terpapar sinar matahari yang bisa memperkuat imun tubuh.

Selain itu, karena hasil tanamannya berlimpah jika hanya untuk kebutuhan keluargany,  rekan-rekannya justru tertarik untuk membeli sayuran segar hasil dari pemanfaatan pekarangan rumahnya.

NONTON JUGA : https://www.youtube.com/watch?v=jHLY_k66wRA

Liny cukup percaya diri dengan sayuran yang dipetik dari halaman rumahnya  karena dijamin tidak menggunakan Bahan Kimia, namun memanfaatkan Pupuk Organik cair yang diproduksinya sendiri . Dimana Pupuk Organik cair tersebut berfungsi untuk menyuburkan tanamannya.

Inisiatif bercocok tanam saat “WFH” ini, memberinya semacam kepuasan tersendiri. Bukan dari sisi ekonomis saja,  namun ada Pesan Sosial yang ingin dibagikan kepada masyarakat lainnya.

Memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam, asal disertai kemauan dan konsistensi bisa membangun kemandirian pangan, terutama di saat pandemi COVID-19  seperti sekarang ini.

#kompastvmanado #workfromhome #covid-19

Yannemieke Singal  Kompas tv Manado

 

Jangan Lupa juga untuk Follow & Subscribe

FB : KOMPASTV MANADO

YT : KOMPASTV MANADO https://www.youtube.com/channel/UCb42zFy64SyII10mfIVEgzg/featured

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x