Kompas TV nasional berita kompas tv

Wapres Ma`ruf Amin Sebut Inovasi Jadi Kunci Keberhasilan Produktif dan Aman dari Covid-19

Kompas.tv - 22 Juni 2020, 13:00 WIB
wapres-ma-ruf-amin-sebut-inovasi-jadi-kunci-keberhasilan-produktif-dan-aman-dari-covid-19
Wapres Indonesia Maruf Amin. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam persiapan tatanan normal baru (new normal) perlu adanya inovasi.

Demikian diungkapkan Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma`ruf Amin saat membuka acara Penganugerahan Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Senin (22/6/2020).

Baca Juga: TNI Bersama Warga Budi Daya Ikan di Tengah Pandemi Covid-19

Menurut Ma`ruf, inovasi menjadi kunci keberhasilan dari suatu daerah agar aman dari Covid-19 tetapi tetap produktif.

"Dalam mempersiapkan tatanan normal baru sudah tentu diperlukan inovasi yang akan menjadi kunci keberhasilan suatu daerah memasuki era produktif dan aman Covid-19," ujar Ma'ruf. 

Ma`ruf melanjutkan, pemerintah tengah mengkaji penerapan tatanan baru tersebut selagi menunggu ditemukannya obat dan vaksin Covid-19. 

Penerapanan adaptasi kebiasaan baru yang aman Covid-19 dan tetap produktif dilakukan untuk mendorong pergerakan ekonomi yang memburuk akibat pandemi Covid-19. 

Ia mengatakan, inovasi dalam penerapan tatanan baru menjadi penting karena hal tersebut akan mengubah tatanan kehidupan di segala bidang. 

"Mengapa inovasi menjadi penting? Karena tatanan kehidupan kita di segala bidang kegiatan akan berubah drastis," kata Ma`ruf. 

"Seluruh bidang kegiatan ekonomi akan dilaksanakan dengan cara yang sama sekali berbeda dari sebelumnya," tutur Ma'ruf. 

Baca Juga: Wapres Ma`ruf Amin Minta Semua Pihak Bersiap Hadapi New Normal

Inovasi dan kreativitas pun dibutuhkan bagi setiap daerah yang akan menerapkan tatanan baru ini, terutama agar kegiatan ekonomi produktif dan tetap jalan tetapi aman dari Covid-19. 

Ma'ruf menghargai insiatif Kemendagri untuk memperkuat kesiapan daerah memasuki tatanan normal baru dengan menggelar lomba inovasi daerah dalam tatanan normal baru tersebut. 

Beberapa sektor yang dilombakan sebagai inovasi tersebut antara lain sektor pasar tradisional, pasar modern, wisata, hotel, restoran, pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), dan transportasi umum.

Setiap daerah yang berhasil juara baik di setiap sektor, klaster, dan pemenang favorit mendapatkan hadiah sebesar Rp 3 miliar bagi juara 1, Rp 2 miliar bagi juara 2, dan Rp 1 miliar bagi juara 3.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.