Kompas TV video cerita indonesia

Hati-Hati! Magelang Diguyur Hujan Abu Vulkanik

Kompas.tv - 21 Juni 2020, 17:30 WIB
Penulis : Aryo bimo

MAGELANG, KOMPAS.TV - Sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah diguyur hujan abu vulkanik gunung Merapi, Minggu (21/06/2020). Hal tersebut menyusul adanya erupsi gunung Merapi yang terjadi pada Minggu pagi. Guyuran hujan abu vulkanik hanya terjadi satu kali dan saat ini sudah reda.

Erupsi gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu hingga 6.000 meter. Arah angin pada saat terjadinya letusan mengarah ke arah barat atau wilayah Magelang.

Tiupan angin tersebut mengakibatkan sejumlah wilayah di kawasan Magelang terguyur abu vulkanik. Dari data yang berhasil dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, setidaknya terdapat 8 kecamatan yang terdampak.

Menurut warga setempat, hujan abu berlangsung sekitar 2 jam dan dalam intensitas yang tebal. Guyuran hujan abu tersebut mengakibatkan jarak pandang hanya sekitar 25 meter. 

Warga tidak merasa takut atau khawatir dengan guyuran hujan abu karena sudah mengalami kejadian terparah yakni pada saat erupsi Merapi tahun 2010. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x