Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Utara Meledakkan Kantor Penghubung, Perbatasan Dijaga Ketat!

Sabtu, 20 Juni 2020 | 18:31 WIB

KOMPAS.TV - Ketegangan hubungan antara Korea Utara dan Korea Selatan kian memanas.

Setelah serangkaian ancaman, Korea Utara akhirnya meledakkan kantor penghubung antar Korea yang berada di area perbatasannya, di wilayah Kaesong.

Peledakan dilakukan pada selasa 16 Juni, pukul 14.49 waktu setempat.

Bangunan itu dilaporkan dalam kondisi kosong pada saat diledakkan.

Penghancuran gedung ini terjadi beberapa jam setelah tentara Korea Utara menyatakan siap memasuki zona demiliterisasi yang berbatasan dengan Korea Selatan.

Ledakan dahysat ini telah menimbulkan asap hitam tebal mengepul di sekitar gedung yang dibangunnya bersama Korea Selatan pada 2018 lalu.

Gedung ini dibangun disaat hubungan kedua korea tengah membaik, dengan tujuan untuk memfasilitasi diplomasi antara kedua negara.

Penghancuran simbol kerja sama lintas perbatasan antara Korea Utara dan Korea Selatan ini menandai eskalasi tajam dari Pyongyang, yang tampaknya semakin agresif terhadap Korea Selatan dalam beberapa pekan terakhir.

Sebelumnya, Korea Utara juga sudah memutuskan saluran komunikasi militer dan jaringan khusus dengan Korsel, sebagai reaksi atas ulah para pembelot.

Peledakan kantor penghubung di Kaesong ini, membuat upaya rekonsiliasi lewat perjanjian Korea Utara Dan Korea Selatan pada tahun 2018, kembali mundur.

Tujuan kesepakatan pada saat itu adalah untuk mengurangi ketegangan antara kedua negara, terutama setelah pertemuan puncak pada April 2018, yang menghasilkan penyelesaian perang Korea.

Dan sejak saat itu, perbatasan sepanjang 250 kilometer itu dijaga oleh tentara Korut dan Komando Perserikatan Bangsa-bangsa sebagai pihak yang mewakili Korsel dalam perjanjian gencatan senjata.

Penulis : Dea Davina


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Rumah Kontrakan Ludes Terbakar

Senin, 18 Januari 2021 | 14:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:09
KEPALA BNPB DUKUNG PENYEDIAAN ALAT TES CEPAT ANTIGEN DI LOKASI PENGUNGSIAN GEMPA SULBAR   SATGAS: KEPATUHAN PROTOKOL KESEHATAN PUNYA DAMPAK SANGAT BESAR TERHADAP PENURUNAN KASUS COVID-19   POLRESTA BANDARA SOEKARNO-HATTA BANTEN TANGKAP 15 ORANG TERSANGKA PEMALSU SURAT HASIL TES COVID-19   BUPATI MANGGARAI TIMUR AGAS ANDREAS POSITIF COVID-19   24 TENAGA KESEHATAN TAK DATANG SAAT VAKSINASI, DINKES PONTIANAK TELUSURI IDENTITAS DAN ALASANNYA   MENRISTEK: ADA ENAM PLATFORM PENGEMBANG VAKSIN MERAH PUTIH, PALING CEPAT LEMBAGA EIJKMAN   DINKES KOTA BEKASI: RUANG ICU UNTUK PASIEN COVID-19 PENUH, SISA TEMPAT TIDUR ISOLASI MENIPIS   JUMLAH PASIEN COVID-19 MELONJAK, RSD WISMA ATLET BERENCANA TAMBAH 400 PERAWAT   KOORDINATOR RSD WISMA ATLET MAYJEN TUGAS RATMONO: TINGKAT KETERISIAN HUNIAN WISMA ATLET CAPAI 82,73 PERSEN   KEMENDAGRI MINTA TNI/POLRI DUKUNG SATPOL PP TINGKATKAN KEDISIPLINAN MASYARAKAT TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   KASUS COVID-19 MENINGKAT, PEMKAB MANGGARAI TIMUR TERAPKAN BELAJAR DARI RUMAH   BASARNAS YAKIN PELUANG TEMUKAN CVR PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 MAKIN BESAR   TIM DVI PAKAI DATA CCTV DI BANDARA UNTUK MEMPERMUDAH PROSES IDENTIFIKASI KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182   LONGSOR SUMEDANG, TIM SAR TEMUKAN JASAD 2 ANAK, TOTAL KORBAN MENINGGAL MENJADI 36 ORANG