Kompas TV bisnis bumn

Alasan Erick Thohir Tunjuk Pemuda 34 Tahun Jadi Direktur Telkom

Kompas.tv - 20 Juni 2020, 17:21 WIB
alasan-erick-thohir-tunjuk-pemuda-34-tahun-jadi-direktur-telkom
Muhammad Fajrin Rasyid diangkat menjadi Presiden Bukalapak, Senin (25/6/2018). (Sumber: dok. Bukalapak)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Badan Usaha Milik Negara, (BUMN) Erick Thohir, resmi menunjuk Fajrin Rasyid sebagai Direktur PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom.

Pria berusia 34 tahun itu didapuk menjadi Direktur Digital Telkom. Ia menggantikan Faizal R. Djoemadi setelah dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2019.

Fajrin merupakan wajah baru di BUMN telekomunikasi tersebut. Sebelumnya, ia berkarir sebagai Co-founder dan Presiden Bukalapak.

Baca Juga: Resmikan 4 Stasiun Terpadu di Jakarta, Erick Thohir: Saya Gembira Indonesia Bukan Bangsa Wacana

Erick Thohir mengungkapkan alasan pemilihan Fajrin sebagai Direktur Telkom. Pertimbangan tersebut atas dasar pengalaman Fajrin di dunia digital.

Fajrin dianggap memiliki segudang pengalaman saat mengelola Bukalapak. Apalagi, Telkom saat ini tengah fokus menggenjot pendapatan di luar segmen telekomunikasi.

“Dengan rekam jejak dan pengalaman meski masih berusia muda, Fajrin adalah figur yang tepat untuk memimpin pengembangan bisnis digital Telkom," kata Erick dalam keterangannya seperti dikutip dari Kompas.com pada Sabtu (20/6/2020).

Selain itu, Erick mempunyai alasan lain menunjuk millennial sebagai direktur di perusahaan pelat merah itu.

Baca Juga: Ini Kata Erick Thohir Agar Indonesia Bisa Bertahan di Masa Krisis

"Seperti yang pernah saya sampaikan beberapa waktu lalu, Telkom harus merubah dan memperkuat strategi bisnisnya terutama di era pasca-Covid-19 terutama dalam memperkuat bisnis Telkom,” ujar Erick.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Telkom sempat jadi sasaran kritik Erick. Bisnis Telkom dinilai gagal mengikuti perkembangan zaman.

Menurut Erick, Telkom bahkan sangat mengandalkan anak usahanya, Telkomsel, sebagai penyumbang laba. Telkomsel sendiri menyumbang sekitar 70 persen dari laba Telkom.

Meski kontribusi laba Telkomsel sangat besar, Telkom juga masih harus berbagi keuntungan dengan Singapore Telecom atau Singtel yang memiliki 35 persen saham.

Baca Juga: Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid Ditunjuk Jadi Direktur di Telkom



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.