Kompas TV di balik layar pekerja tv

Inilah di Balik Layar Kerja Floor Director KompasTV

Sabtu, 20 Juni 2020 | 15:01 WIB

KOMPAS.TV - Backstage adalah sebuah program yang membahas mengenai kegiatan para pekerja di dunia broadcasting dari balik layar. 

Episode perdana kali ini, Backstage bakalan membeberkan bagaimana pekerjaan Floor Director KompasTV

Di KompasTV sendiri, Floor Director terdiri dari Lead Floor Director, Audience Warmer, Traffic Floor Director, dan Backstage. Masing-masing di antaranya tentu memiliki rincian pekerjaan yang berbeda-beda.

Floor Director Lead adalah pemimpin atau 'jenderal'-nya di lapangan/studio. FD Lead bertugas mengkoordinasikan semua tim yang bertugas, termasuk Audience Warmer, Traffic Floor Director, dan Backstage.

Pastinya, FD Lead wajib memiliki time management yang baik. Mereka harus memberikan cue kapan masuk dan keluarnya host maupun talent secara jelas. Bukan hanya host dan talent, tapi juga memberikan aba-aba kepada penonton kapan mereka harus tepuk tangan dan sebagainya. 

Tugas utama Audience Warmer adalah mengatur penonton, dari masuk studio, mengikuti aba-aba dari FD Lead, dan memberikan informasi mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Sesuai namanya, Audience Warmer harus dapat menghangatkan dan mencairkan suasana sehingga mood penonton tetap semangat dan senang.

Traffic Floor Director bertanggung jawab untuk menginformasikan kapan talent yang akan perform pada acara harus masuk dan keluar serta memastikan talent berada di lokasi yang tepat sesuai tanda blocking-an.

Terakhir, Backstage sendiri bertanggung jawab menyiapkan talent di belakang panggung sehingga acara berjalan dengan baik.

Selengkapnya mengenai seluk-beluk pekerjaan Floor Director bisa langsung nonton video ini!

#FloorDirector #Broadcasting #Backstage

Editor : Desy Hartini



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:49
SEORANG PASIEN POSITIF KORONA TEWAS SETELAH MELONCAT DARI LANTAI 12 DI RS ROYAL PRIMA MEDAN, SUMUT   MENTERI BUMN ERICK THOHIR ANGKAT WAHYU SUPARYONO GANTIKAN SONNY WIDJAJA SEBAGAI DIRUT ASABRI   BKN PASTIKAN PESERTA SELEKSI KOMPETENSI BIDANG CPNS UJIAN DI WILAYAH MASING-MASING GUNA CEGAH PENYEBARAN KORONA   ANGGOTA POLSEK BANDARA SUPADIO PONTIANAK DIPERIKSA MABES POLRI DAN PROPAM POLDA KALBAR TERKAIT DJOKO TJANDRA   POLRI: SIDANG ETIK BRIGJEN PRASETIJO UTOMO DIGELAR SETELAH PERKARA PIDANANYA INKRAH   BPOM MINTA MASYARAKAT WASPADAI OBAT YANG DIKLAIM DAPAT SEMBUHKAN KORONA   PEMERINTAH BENTUK PROGRAM UNTUK KAMPANYEKAN PENGGUNAAN MASKER DI TENGAH PANDEMI   TERIMA 1.346 ADUAN TERKAIT BANSOS, OMBUDSMAN SARANKAN PEMERINTAH PERBAIKI DATA   WAPRES MA'RUF AMIN SEBUT PEMERINTAH FOKUS JAGA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI TENGAH PANDEMI   HINGGA 5 AGUSTUS 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI JAWA BARAT: 6.912 POSITIF, 4.220 SEMBUH, 216 MENINGGAL DUNIA   HINGGA 5 AGUSTUS 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI SULAWESI SELATAN: 9.987 POSITIF, 6.935 SEMBUH, 329 MENINGGAL DUNIA   HINGGA 5 AGUSTUS 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI JAWA TENGAH: 10.036 POSITIF, 6.135 SEMBUH, 680 MENINGGAL DUNIA   HINGGA 5 AGUSTUS 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI DKI JAKARTA: 23.380 POSITIF, 14.760 SEMBUH, 888 MENINGGAL DUNIA   HINGGA 5 AGUSTUS 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI JAWA TIMUR: 23.829 POSITIF, 16.267 SEMBUH, 1.799 MENINGGAL DUNIA