Kompas TV nasional berita kompas tv

Ideologi Pancasila Jadi Fokus Pembicaraan Presiden Jokowi dengan 14 Purnawirawan TNI-Polri

Kompas.tv - 19 Juni 2020, 19:24 WIB
ideologi-pancasila-jadi-fokus-pembicaraan-presiden-jokowi-dengan-14-purnawirawan-tni-polri
Presiden Joko Widodo menerima 14 purnawirawan TNI dan Polri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat, 19 Juni 2020 (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)
Penulis : Johannes Mangihot

 

JAKARTA, KOMPASTV - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menjelaskan ideologi Pancasila menjadi fokus pembicaraan Persiden Joko Widodo dan 14 Purnawirawan TNI-Polri 

Menurut Mahfud, idiologi Pancasila belakangan ini menjadi diskursus publik yang hangat. Hal ini jugalah yang membuat dari sekian banyak hal yang dibicarakan, idiologi Pancasila jadi fokus pembicaraan.

Selain Pancasila, Presiden Jokowi dan 14 purnawirawan TNI-Polri juga berdiskusi dan tukar pendapat mengenai masalah-masalah kebangsaan.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Sudah Jelas PKI dan Seluruh Ajarannya Dilarang di Negara Kita

"Tadi didiskusikan dengan Bapak Presiden, legiun veteran dan purnawirawan TNI itu menyampaikan usul-usul yang sifatnya konkret. Tetapi prinsipnya sama, antara Presiden dan kita semua yang hadir tadi bahwa Pancasila itu adalah ideologi yang sudah final," ujar Mahfud di sela pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/6/2020). Dikutip dari siaran pers Sekretariat Negara.

Sebelumnya Presiden Jokowi menegaskan pemerintah berkomitmen penuh untuk menutup pintu terhadap paham komunisme di Indonesia. 

Payung hukum terhadap hal tersebut juga disebut oleh Presiden Jokowi sudah sangat kuat dan tidak ada keraguan terhadapnya.

"Saya kira sudah jelas sekali Tap MPRS Nomor 25 Tahun 1966, juga payung hukum yang tertinggi sudah ada. Undang-Undang Nomor 27 1999 juga ada. Sudah jelas bahwa PKI dan seluruh ajarannya dilarang di negara kita. Saya kira pemerintah tidak ragu-ragu mengenai hal itu," ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Temui 14 Purnawirawan TNI-Polri, Presiden Jokowi Beberkan Situasi Indonesia Saat Pandemi

Adapun 14 purnawirawan yang hadir antara lain, Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Ketua Umum Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Saiful Sulun, Wakil Ketua Umum LVRI Bantu Hardjijo.

Sekretaris Jenderal LVRI FX Soejitno, Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Udara Djoko Suyanto, dan Sekretaris Jenderal Forum Komunikasi Purnawirawan TNI-Polri Soekarno.

Selain itu hadir pula Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat Kiki Syahnakri, Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat Toni Hartono.

Forum Komunikasi Purnawirawan TNI-Polri Bambang Darmono, Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Laut Ade Supandi, dan Ketua Persatuan Purnawirawan Polri Bambang Hendarso Danoeri.

Baca Juga: Begini Isi Tap MPRS XXV/1966, Aspek Substansi yang Jadi Pro Kontra Pada RUU HIP

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.