Kompas TV regional berita daerah

Kuliner Khas Jambi, Tempoyak Durian

Jumat, 19 Juni 2020 | 16:22 WIB

JAMBI, KOMPAS.TV - Saat musim Durian tiba, tidak saja disantap buahnya di jambi buah durian yang tidak termakan bisa difermentasi untuk tahan lama, namanya tempoyak. Tempoyak merupakan bahan mentah dari durian yang sudah difermentasi, biasanya waktu yang diperlukan untuk memfermentasikan durian jadi tempoyak sekitar 7 sampai 10 hari.

Tempoyak ini tidak lagi menjadi makanan langsung namun dijadikan sebagai bahan utama olahan aneka ikan sebagai teman makan nasi. Salah satu tempat untuk mendaptakan nikmatnya olahan tempoyak ini warung Pindang Bik Zul. Disini tersedia berbagai macam menu yang berbahan dasar tempoyak seperti gulai tempoyak yang kental asam manis pedas, tempoyak ikan baung, tempoyak ikan nila, tempoyak ikan gabus, tempoyak ikan patin.

Proses memasak tempoyak khas Jambi juga sangat mudah, cukup menyiapkan ikan segar, cabai, kunyit dan serai. Bumbu tempoyak di giling halus, selanjutnya ikan di campur dengan tempoyak segar, bumbu halus dan air.

 

#KulinerKhasJambi #MasakanTempoyak #KotaJambi

Editor : KompasTV Jambi



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:48
DEWAS KPK SYAMSUDDIN HARIS POSITIF TERINFEKSI COVID-19 DAN DIRAWAT DI RS PERTAMINA   MENPERIN OPTIMISTIS INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN TUMBUH POSITIF HINGGA AKHIR 2020   KPU SIDOARJO SIAPKAN BILIK KHUSUS PEMILIH BERSUHU TUBUH DI ATAS 37,3 DERAJAT CELSIUS DI TPS   PEMPROV NUSA TENGGARA BARAT TARGETKAN PRODUKSI 1.000 UNIT SEPEDA LISTRIK   GUBERNUR JATIM KHOFIFAH INDAR PARAWANSA MINTA WARGA PATUHI REGULASI PROTOKOL KESEHATAN   DPR APRESIASI LANGKAH GUBERNUR JATENG TANGANI PENCEMARAN ALIRAN SUNGAI BENGAWAN SOLO   KEMENPERIN TERUS GENJOT KINERJA INDUSTRI KIMIA, FARMASI, DAN TEKSTIL   MPR APRESIASI KOMITMEN PEMERINTAH DAN ORGANISASI KEMASYARAKATAN LINDUNGI ULAMA   BMKG PERKIRAKAN AWAL MUSIM HUJAN DI NUSA TENGGARA TIMUR DIMULAI AKHIR OKTOBER 2020   PALANG MERAH INDONESIA IMBAU RELAWAN PERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG COVID-19   KEMENTERIAN PERDAGANGAN AKAN TERUS GENCARKAN PROMOSI PRODUK BERBASIS GEOGRAFIS   KEMENPAREKRAF AJAK UMKM MASUK PASAR MODAL, UNTUK ALTERNATIF PEMBIAYAAN   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL