Kompas TV regional berita daerah

Limun Legendaris Lima Generasi

Kompas.tv - 19 Juni 2020, 15:23 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pekalongan tidak hanya memiliki kuliner legendaris tauto atau pun nasi megono. Namun Pekalongan ternyata juga memiliki minuman legendaris yakni limun oriental atau orang Pekalongan menyebutnya limun beruap yang masih eksis bahkan pengelolaannya hingga lima generasi.

Bagi anda yang lahir di Jawa Tengah pada era perjuangan hingga tahun 70-an pastinya pernah menyesap nikmatnya limun. yah.. limun adalah minuman gula alami bersoda dengan aneka rasa yang menyegarkan. Jauh sebelum ada softdrink dan minuman cola, limun sudah lebih dulu dijual di warung-warung.

Minuman limun tidak hanya menjadi warisan cerita dari masa lalu, namun hingga saat ini masih ada minuman limun yang diproduksi secara semi tradisional di Pekalongan. Namanya limun oriental cap nyonya silhuet. Pada masanya, minuman limun ini hanya dinikmati oleh kelangan tertentu. Sehingga terkenal dengan sebutan aer Belanda atau orang Jawa menyebutnya banyu londo.

Dan siapa yang menyangka di tengah banyaknya jenis softdrink dan minuman cola, minuman limun ini masih eksis dan saat ini pengelolaannya hingga generasi kelima. Dan produksi limun masih bertahan dengan konsep yang sama, dengan beragam rasa seperti nanas, lemon, sirsak, framboze dan moka.

Harga jual minuman limun ini hanya Rp 5.000 jika dihabiskan di tempat. Namun jika botol dibawa pulang harga limun menjadi Rp 7.000. Dan anda bisa menikmati sensasi minum limun beruap khas Pekalongan ini dengan dua cara yakni bisa langsung datang ke pabriknya atau pesan lewat online.

#Limun #Pekalongan #Kuliner Legendaris



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x