Kompas TV nasional berita kompas tv

PSBB Transisi, Ini Perubahan Yang Dilakukan MRT Jakarta

Kompas.tv - 19 Juni 2020, 18:23 WIB
psbb-transisi-ini-perubahan-yang-dilakukan-mrt-jakarta
Pembersihan kereta MRT Jakarta (Sumber: MRT Jakarta)
Penulis : edika ipelona | Editor : Theo Reza

 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta kembali beroperasi dengan meningkatkan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan Pemerintah. Berdasarkan survei yang diadakan pihak MRT Jakarta, 91% responden mengatakan akan menggunakan MRT setelah PSBB dan 98% responden merasa aman naik MRT.

MRT Jakarta Hadapi Transisi New Normal

MRT Jakarta memperkenalkan Protokol Bangkit. Bangkit merupakan singkatan dari Bersih, Aman, Nyaman, Go-Green, Kolaborasi, Inovasi, dan Tata Kelola. Melalui protokol ini, MRT Jakarta melakukan inovasi dalam pencegahan virus corona seperti penyediaan hand sanitizer di stasiun MRT, pembersihan kereta dan fasilitas secara rutin, pembatasan penumpang, dan pemeriksaan suhu penumpang serta mewajibkan penumpang MRT menggunakan masker.

Menuju New Normal, MRT Jakarta beroperasi dari pukul 05.00 hingga 21.00 WIB pada hari kerja dan pukul 06.00 – 20.00 WIB pada hari libur.
"Pada waktu sibuk itu (headway) 5 menit, waktu jam tidak sibuk itu 10 menit. Pada hari libur benar-benar berubah. Jadi kalau pada waktu normal kemarin kita operasinya itu headwaynya 10 menit, hari libur ini kita 20 menit headway-nya. Jadi lebih panjang" Ujar William Sabandar Direktur Utama PT. MRT Jakarta.

Selain itu, kereta khusus wanita untuk sementara ditiadakan. Peniadaan kereta khusus wanita ini sudah berjalan sejak 8 Juni 2020.

Kapasitas penumpang pun dibatasi. Hanya 65 Penumpang per kereta (gerbong). 

Para penumpang diwajibkan menggunakan masker selama berada di kereta MRT. Selain itu, ada juga stiker yang menjadi petunjuk pembatasan sosial yang tertera di kereta maupun stasiun. Penumpang juga diimbau tidak berbicara selama di kereta baik via telepon maupun langsung.

Baca Juga: Begini Persiapan MRT Jakarta di Transisi New Normal

Penumpang MRT Jakarta duduk berjarak (Sumber: MRT Jakarta)

Pembelian Tiket Kereta

Loket untuk membeli tiket kereta ditutup sementara, penumpang MRT Jakarta dianjurkan menggunakan uang elektronik yang diluncurkan bank atau membeli kartu multi trip di mesin tiket otomatis. Selain itu, penumpang juga bisa membeli tiket MRT Jakarta melalui apps ponsel, MRT-J.

Transaksi Jual Beli Di Stasiun MRT Jakarta

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di beberapa stasiun MRT juga sudah kembali dibuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Physical distancing menjadi kunci saat transaksi.

Pembayaran saat belanja di ritel menggunakan teknologi cashless. Selain itu, pengadaan co-working space di stasiun MRT juga sedang digodok.

Penumpang MRT Jakarta duduk berjarak (Sumber: MRT Jakarta)

Beberapa inovasi dan ide sedang dipikirkan masak-masak oleh pihak MRT Jakarta seperti smart vending machine.

Lalu, sampai kapan inovasi new normal ala MRT Jakarta ini akan berlangsung? Apakah saat PSBB Transisi, semua akan kembali seperti sedia kala? William Sabandar mengatakan bahwa penerapan protokol bangkit ini akan terus dilakukan hingga vaksin virus corona benar-benar ditemukan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x