Kompas TV nasional sapa indonesia

Sorotan: Kritik Bergaya Humor Dibungkam?

Jumat, 19 Juni 2020 | 01:43 WIB

KOMPAS.TV - Kritik netizen di media sosial atas sejumlah isu sosial jadi sorotan. Meski disampaikan dengan gaya humor, dapat berujung pada perundungan di media sosial hingga klarifikasi seorang netizen pada pihak kepolisian.

Apa yang terjadi dengan kebebasan berekspresi di negeri yang menjunjung tinggi demokrasi ini?

Lelucon Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, soal polisi jujur membuat seorang pria di Sula, Maluku Utara, sempat berurusan dengan penegak hukum.

Gus Dur menyebut hanya ada tiga polisi yang jujur, yakni Pak Hoegeng almarhum bekas Kapolri, patung polisi, dan polisi tidur.

Kutipan humor itulah yang kemudian diunggah di medsos oleh Ismail Ahmad di akun Facebook-nya.

Selain itu, yang juga sempat ramai di medsos adalah kritikan bergaya humor yang disampaikan komika Bintang Emon.

Bintang Emon mengkritik ringannya tuntutan pada para terdakwa penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Tak lama usai videonya diunggah, Bintang Emon mendapat serangan balik melalui media sosial.

Kritikan yang ada di media sosial tanpa unsur ujaran kebencian dan tindakan kekerasan harusnya disikapi dengan bijak.

Sebab, jika ruang ekspresi dihambat atau dibungkam, bisa membuat demokrasi Indonesia mengalami kemunduran.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia.

Editor : Christandi Dimas



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:43
GUBERNUR JATENG MINTA PENGELOLA BIOSKOP TUNDA OPERASI JIKA BELUM SIAP TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN KETAT   PDAM TIRTA AMERTA BLORA BERHENTI SUPLAI AIR BERSIH KE 12.000 SAMBUNGAN RUMAH AKIBAT SUNGAI BENGAWAN SOLO MENGHITAM   PERKANTORAN SWASTA DI BIDANG JASA KEUANGAN DI TIPES, SOLO, DITUTUP SEMENTARA KARENA 13 PEGAWAI POSITIF KORONA   PEMBUKAAN KEMBALI TEMPAT WISATA AIR DI KLATEN, JATENG, DI TENGAH PANDEMI KORONA TUNGGU SK BUPATI   JASA MARGA TARGETKAN PENDAPATAN BISNIS NON-TOL SENILAI RP 268,5 MILIAR HINGGA AKHIR 2020   SATPOL PP JAKARTA PUSAT MENINDAK 2.078 PELANGGAR YANG TIDAK MENGGUNAKAN MASKER SELAMA PSBB TRANSISI   GUBERNUR SUMBAR ANCAM ASN YANG LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN DIKURANGI TUNJANGANNYA & DITUNDA KENAIKAN PANGKATNYA   KEMENKOMINFO BERKOLABORASI DENGAN 108 ORGANISASI GUNA BERI LITERASI RUANG DIGITAL BAGI MASYARAKAT   KPK DALAMI PERAN MANTAN DIRUT PERCETAKAN NEGARA ISNU EDHI WIJAYA DALAM KASUS KTP-EL   TGPF INTAN JAYA AKAN SERAHKAN HASIL INVESTIGASI LAPANGAN KE MENKO POLHUKAM MAHFUD MD PADA RABU, 21 OKTOBER 2020   KONTRAS: ADA 158 PELANGGARAN TERHADAP KEBEBASAN SIPIL DALAM 1 TAHUN PERTAMA PEMERINTAHAN JOKOWI-MA'RUF   KOMISIONER KPU HASYIM ASY'ARI MINTA PERSONEL KPU-BAWASLU BEKERJA SESUAI TUGAS & WEWENANG, BUKAN LAMPAUI KEWENANGAN   PEMERINTAH: HINGGA 19 OKTOBER 2020, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 4.092.595 SPESIMEN   HINGGA 19 OKTOBER 2020, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 162.410 ORANG