Kompas TV regional berita daerah

Dokter dan Perawat di Swab Pasca Meninggal Pasien Covid 19

Kamis, 18 Juni 2020 | 19:17 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.TV- Pihak Rumah Sakit Umum Zainal Abidin melakukan uji swab untuk 27 tenaga medis dan dokter, Kamis (19/06/2020).

Hal ini dilakukan untuk memastikan mereka tidak tertular sesudah kontak dengan pasien Positif Covid 19 yang meninggal rabu siang kemarin.

Para medis serta doktor ini juga tidak di izinkan bertugas sementara waktu dan wajib melakukan isolasi mandiri di rumah.

Mereka yang di ambil swab terdiri dari 17 orang dari Rumah Sakit Pertamedika Banda Aceh dan 10 orang dari Rumah sakit Umum Zainal Abidin Banda Aceh.

Baca Juga: Hasil Swab Massa Gratis Segera di Umumkan

Menurut Koordinator Pelayanan Tim Penyakit Infeksi Emergensi Covid 19 RSUZA, dr Novina Rahmawati menjelaskan bahwa tim Covid 19 RSUZA langsung melakukan tracing atau melacak penyebaran covid 19 sesudah mengetahui adanya pasien positif yang sempat dirawat di rumah sakit pertamedika.

“Kita langsung menelusuri tenaga medis dan tim dokter yang telah terkontak dengan pasien. 17 di rumah sakit pertamedika, diantaranya 8 perawat dan 7 dokter. Sedangkan di RSUZA  8 tenaga medis, dan 2 dokter residen,” ungkap  dr Novina.

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif mengungkapkan bahwa pemerintahan Aceh Sudah melakukan 12 ribu lebih rapit tes seluruh Aceh.

Adanya peningkatan kasus dalam sepekan ini sangat cepat. Dari 20 Orang bertambah 18 orang positif.

Sedikitnya 38 orang telah dinyatakan positif covid 19 di Aceh. Warga di himbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran.

Informasi dari Jubir Covid 19, hingga kini dua orang pasien covid 19 meninggal dunia di Aceh. Dari 382 kasus yang di swab, 19 di antaranya terkonfirmasi positif covid-19.

Baca Juga: NELAYAN ACEH TEMUKAN KAPAL ASING TANPA ABK

Sepuluh pasien sedang menjalani perawatan intensif. Delapan diantaranya merupakan pasien rujukan dari rumah sakit umum Cut Mutia, Lhokseumawe, satu orang pasien berasal dari kota Banda Aceh dan satu pasien lainnya berasal dari Aceh Selatan.

#aceh #covid19 #swab

Editor : KompasTV Aceh



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:34
JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 33.431.133 POSITIF, 23.199.564 SEMBUH, 1.003.168 MENINGGAL DUNIA   PBB AJAK SEMUA PIHAK UNTUK BAHU-MEMBAHU HADAPI PANDEMI KORONA SETELAH ANGKA KEMATIAN COVID-19 LEBIH DARI 1 JUTA ORANG   KEJATI NTT PERIKSA BUPATI MANGGARAI BARAT AGUSTINUS DULA ATAS KASUS TANAH DI LABUAN BAJO   PEMPROV DIY PERPANJANG MASA TANGGAP DARURAT KORONA HINGGA 31 OKTOBER 2020   JADI TERSANGKA, WAKIL KETUA DPRD KOTA TEGAL WAJIB LAPOR KE POLDA JATENG   WAKIL KETUA DPRD KOTA TEGAL, WASMAD EDI SUSILO, JADI TERSANGKA ATAS KASUS KONSER DANGDUT DI TENGAH PANDEMI   HINGGA 29 SEPTEMBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI BOYOLALI: 816 POSITIF, 654 SEMBUH, 31 MENINGGAL DUNIA   DINKES BOYOLALI, JATENG: ADA PENAMBAHAN 6 KLASTER BARU PENULARAN KORONA DI BOYOLALI   PEMKOT BOGOR MEMPERPANJANG MASA PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA MIKRO DAN KOMUNITAS (PSBMK) HINGGA DUA PEKAN KE DEPAN   SEBANYAK 6 PEDAGANG PASAR CIPLAK SETIABUDI, JAKARTA SELATAN, POSITIF KORONA, 2 DI ANTARANYA MENINGGAL DUNIA   MENAKER IDA FAUZIYAH: 87,35% DARI TOTAL 11,6 JUTA PEKERJA TELAH TERIMA SUBSIDI GAJI RP 600.000   PRESIDEN JOKOWI MINTA PEDAGANG KECIL BERTAHAN SAMPAI VAKSIN KORONA TERSEDIA   SATGAS COVID-19 KECEWA MASIH ADA KAMPANYE PILKADA YANG TIMBULKAN KERUMUNAN   KPPU AKAN AJUKAN KASASI ATAS PUTUSAN PN JAKSEL YANG BATALKAN GRAB DARI SANKSI DENDA RP 30 MILIAR