Kompas TV travel jelajah indonesia

Eksotisme Pulau Cubadak yang Mempesona

Kompas.tv - 17 Juni 2020, 21:12 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV- Pulau Cubadak berada di Sumatera Barat, yang merupakan bagian dari Swarnadwipa julukan yang diberikan untuk Pulau Sumatera yang berarti tanah yang bersinar.

Untuk mencapai sana kamu harus sewa speed boat melalui pelabuhan Carocok Terusan di kota Painan yang berjarak 75 km dari Bandara Minangkabau.

Perjalanan yang cukup panjang tapi yakin deh pasti terbayarkan kok. Warna laut yang biru jernih sepanjang perjalanan akan membuat kepenatan kamu sedikit demi sedikit menghilang.

Panorama alam Pulau Cubadak menyedot banyak minat wisatawan mancanegara. Bahkan wisatawan asal Jerman, pernah membuat sebuah film dokumenter tentang segala keindahan pulau ini. Berawal dari film tersebut, banyak media internasional berdatangan ingin meliput Pulau Cubadak.

Menurut cerita masyarakat sekitar pulau ini dahulu adalah bekas kawah dengan luas kurang lebih 40 km persegi. Selain pantai yang indah kamu bisa melihat keindahan pulau ini dengan cara lain.

Tracking, naik ke atas bukit. Tracknya sih ga terlalu berat tapi lumayan. Melihat Pulau Cubadak dari atas sungguh mengagumkan. Belum lagi keindahan bawah lautnya, wudiiiih.. keren abiiis!!! 

Di bawah laut kamu akan menemukan bangkai kapal laut Boelongan Netherland. Kapal Boeloengan Nederland dirancang pada tahun 1915 dengan tujuan sebagai kapal transportasi.

Kapal ini bukan korban dari indonesia melawan Belanda, tapi korban pertikaian Belanda dan Jepang yang saat itu menjadi sekutu Jerman.

Selain melihat kapal karam ada juga yang cantik-cantik lho. Kamu bisa melihat angel fish, butterfly fish, pari biru dan tentu saja grouper fish yang berkelompok berenang kesan, -kemari

Setelah menikmati keindahan Pulau Cubadak kamu bisa melepas lelah menikmati sunset bersama secangkir kopi mungkin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x