Kompas TV nasional berita kompas tv

Muhadjir Effendy Minta Kepala Daerah Lain di Indonesia Berguru Penanganan Covid-19 pada Risma

Kompas.tv - 17 Juni 2020, 12:00 WIB
muhadjir-effendy-minta-kepala-daerah-lain-di-indonesia-berguru-penanganan-covid-19-pada-risma
Menko PMK Muhadjir Effendy (tengah), didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan BNPB usai rapat koordinasi evakuasi 74 WNI ABK Kapal Diamond Princess di Kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2020). (Sumber: KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari)
Penulis : Tito Dirhantoro

SURABAYA, KOMPAS TV - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK),  Muhadjir Effendy, meminta kepala daerah lain di Indonesia agar belajar cara menangani wabah Covid-19 kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Menurut Muhadjir, pembelajaran bagaimana cara memutus penyebaran Covid-19 tersebut dirasa perlu terutama bagi bupati atau wali kota yang memiliki banyak kasus positif Covid-19 di daerahnya.

"Suruh belajar ke sini mereka, biar tahu," kata Muhadjir dikutip dari Kompas.com pada Selasa (16/6/2020).

Muhadjir juga meminta salah satu staf Risma menyusun lebih rinci dan akurat paparan Risma, sehingga paparan itu bisa dipelajari semua orang.

Baca Juga: Pengakuan Risma Hendak Demo Rumah Sakit di Surabaya Seorang Diri, Kesal Pasien Covid-19 Telantar

"Supaya semua upaya yang telah dilakukan oleh Ibu Risma bersama jajarannya itu bisa dipelajari semua orang," kata Muhajir.

Sebelumnya, Risma menjelaskan kepada Muhadjir bahwa Pemkot Surabaya bersiap menghadapi masa transisi menuju fase new normal atau tatanan kehidupan baru.

Salah satu caranya dengan menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Surabaya Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru pada Kondisi Pandemi Covid-19.

"Dalam Perwali itu dijelaskan secara detail tentang berbagai protokol kesehatan yang harus dijalankan oleh warga Kota Surabaya," kata Risma.

Risma optimistis bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 jika perwali itu diterapkan dengan baik oleh masyarakat.

Baca Juga: Risma Tak Perpanjang PSBB di Surabaya Karena Alasan Ekonomi

Meski demikian, Risma mengakui data terkonfirmasi positif Covid-19 di Surabaya tinggi. Itu karena tes cepat dan tes swab massal yang dilakukannya secara gratis di beberapa titik.

Menurut Risma, tes massal penting dilakukan untuk mencari dan melacak orang yang terinfeksi Covid-19. Sampai hari ini, tes massal masih dilakukan dan telah berlangsung selama 19 hari.

"Jadi kami memang mencari Pak, sebab kalau tidak kami cari, orang-orang yang terkena virus itu akan tambah bahaya," kata Risma.

Risma bersyukur mendapatkan bantuan mobili laboratorium untuk pemeriksaan tes swab lewat metode polymerase chain reaction (PCR) dari Badan Intelijen Negara dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x