Kompas TV nasional berita kompas tv

Gugus Tugas Gandeng Organisasi Keagamaan Indonesia Sambut Adaptasi Kebiasaan Baru Di Tengah Covid-19

Kompas.tv - 17 Juni 2020, 10:45 WIB
gugus-tugas-gandeng-organisasi-keagamaan-indonesia-sambut-adaptasi-kebiasaan-baru-di-tengah-covid-19
Perwakilan organisasi keagamaan Indonesia bertemu dengan Gugus Tugas Nasional, di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Selasa (16/6). (Sumber: Humas BNPB)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Gugus Tugas Nasional bersama perwakilan dari berbagai organisasi keagamaan Indonesia melaksanakan nota kesepahaman di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Selasa (16/6).

Baca Juga: BNPB Gandeng MUI Tangani Covid-19, Alim Ulama Diminta Sampaikan Dakwah Pentingnya Protokol Kesehatan

Salah satu poinnya menyebutkan bahwa dalam kegiatan keagamaan dapat menyisipkan sosialisasi terkait pencegahan penyebaran Covid-19. 

Para tokoh agama yang hadir berasal dari Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin), Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi), Ketua Permabudhi, Dharma Budhi, Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dan Persatuan Umat Budha Indonesia.

Masyarakat yang berada di zona hijau dan zona kuning dapat kembali melakukan aktivitas di ruang publik, salah satunya tempat ibadah. 

Namun demikian, pemerintah mengimbau para jamaah untuk beradaptasi kebiasaan baru di tengah penyebaran COVID-19 yang setiap saat masih mungkin mengancam.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, pertemuan tersebut bertujuan untuk mendapatkan masukan mengenai kesiapan organisasi keagamaan dalam memasuki masa adaptasi kebiasaan baru. 

“Kami juga mengharapkan agar ketua organisasi keagamaan ikut berperan serta dengan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 karena pendekatan keagamaan dipandang lebih dipatuhi oleh masyarakat,” kata Doni, didampingi Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Lilik Kurniawan.

Doni mencontohkan kasus positif Covid-19 dari beberapa kegiatan terkait keagamaan di beberapa tempat. 

“Perlu strategi bersama dari para tokoh-tokoh agama agar masyarakat mau mengubah perilaku,” tutur Doni yang juga Kepala BNPB. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.