Kompas TV TALKSHOW dua arah

Mal Dibuka, Antara Ekonomi dan Pandemi - DUA ARAH (Bag4)

Kompas.tv - 17 Juni 2020, 08:05 WIB

Hari ini, Senin (15/6/2020) puluhan pusat perbelanjaan dan mal di DKI Jakarta dibuka. Setidaknya ada sekitar 80 mal yang mulai beroperasi kembali. Ini merupakan implementasi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Salah satunya merestui mal dan pusat perbelanjaan kembali beroperasi. Kebijakan ini merupakan ikhtiar guna memulihkan ekonomi yang tersendat akibat pandemi. DKI Jakarta tak sendiri.

Di hari yang sama Pemerintah Kota Bandung juga melakukan langkah serupa. Dengan menerapkan PSBB proporsional, pemerintah Kota Bandung mengizinkan mal dan pusat perbelanjaan kembali beroperasi demi menggerakkan ekonomi.

Ada sekitar 23 mal dan pusat perbelanjaan di Kota Kembang ini yang akan dibuka kembali. Sementara Pemerintah Kota Bekasi sudah lebih dulu mengizinkan mal dan pusat perbelanjaan beroperasi.

Tak hanya DKI Jakarta, Bandung dan Bekasi, sejumlah kota lain juga melakukan kebijakan serupa, yakni mengizinkan mal dan pusat perbelanjaan kembali beroperasi.

Pembukaan mal dan pusat perbelanjaan ini merupakan salah satu upaya pemerintah membangkitkan kembali roda ekonomi yang nyaris berhenti selama pandemi. Pasalnya, selama PSBB pemerintah melarang pusat perbelanjaan non-pangan beroperasi.

Para pelaku usaha menyambut baik kebijakan pembukaan mal ini. Kebijakan ini diharapkan bisa menggerakkan pekonomian yang nyaris mati. Karena, perdagangan menjadi salah satu penyumbang pertumbuhan perekonomian di DKI Jakarta juga kota-kota lainnya.

Namun, tak ada garansi pembukaan mal dan pusat perbelanjaan ini akan langsung membuat ekonomi kembali berseri. Pembukaan mal dan pusat perbelanjaan yang disertai protokol kesehatan dikhawatirkan akan membuat masyarakat enggan untuk datang.

Apalagi, selama pandemi masyarakat sudah terbiasa belanja melalui online yang tak perlu keluar rumah dan ribet dengan sekian aturan dan antrean. Pembukaan mal dinilai tidak aman dan bisa memicu ledakan kasus baru dan gelombang kedua penyebaran virus corona.

#DuaArah #PSBB #DKIJakarta



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.