Kompas TV regional berita daerah

Bayi Penderita Jantung Bocor Ditolak BPJS Kesehatan, Kini Dirawat di Jakarta Dibiayai Pemkab

Kompas.tv - 16 Juni 2020, 20:15 WIB
bayi-penderita-jantung-bocor-ditolak-bpjs-kesehatan-kini-dirawat-di-jakarta-dibiayai-pemkab
Ilustrasi bayi baru lahir (Sumber: Shutterstock/Kompas.com)
Penulis : Idham Saputra

BARITO KUALA, KOMPAS.TV – Pemerintah Kabupaten Barito Kuala akhirnya membawa bayi penderita jantung bocor ke Jakarta untuk jalani pengobatan.

Alika Azahra, bayi penderita jantung bocor ini sempat mengalami penolakan pelayanan kesehatan oleh BPJS Kesehatan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Kuala Azizah Sriwedari, bayi Alika akan dirawat di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta.

"Saat ini sudah di Rumah Sakit Harapan Kita, berangkat hari Minggu kemarin didampingi langsung oleh dua orang staf ahli Bupati," kata Azizah seperti dikutip dari Kompas.com via Tribunnews.com, Selasa (16/6/2020).

Baca Juga: Ini Dia Perbedaan Fasilitas Kelas-kelas BPJS Kesehatan yang Akan Dihapus

Pemkab yang difasilitasi Bupati Barito Kuala, Noormiliyani akan membiayai Alika selama di Jakarta.

Salah satu yayasan yang dibina Noormiliyani juga memastikan turut membantu membiayai bayi Alika selama di Jakarta, ditambah lagi dari hasil galang dana masyarakat.

"Sementara skemanya masih pasien umum dulu, sebagian menggunakan dana pemda, maksudnya yang difasilitasi ibu bupati dan selebihnya lagi dari hasil penggalangan dana masyarakat dan juga dari yayasan," terang Azizah.

Sebelumnya, Bupati Barito Kuala Noormiliyani dibuat geram BPJS Kesehatan tidak menanggung biaya pengobatan bayi Alika yang mengalami jantung bocor.

"BPJS seperti tidak ada rasa kemanusiaan, saya sendiri menangis melihat apa yang diderita bocah dengan bawaan penyakit jantung bocor. Mengapa mereka seakan tidak iba?" kata Noormiliyani, dalam keterangan resminya, Kamis (11/6/2020).

Kemudian Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan pun memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Baca Juga: Balita Sakit Jantung Bocor Tak Dilayani, Bupati Barito Kuala Stop Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.