Kompas TV travel jelajah indonesia

Kangean itu identik dengan Perhiasan Emas, Pohon Jati, dan Ayam Bekisar

Kompas.tv - 16 Juni 2020, 03:11 WIB
Penulis : Herwanto

Salam Jelajah,

Sebelum memulai aktivitas pagi hari biasanya perut butuh diisi untuk energi untuk beraktivitas seharian. Ada nasi kuning pagi ini Kuliner di pasar membuka hari saya. iya nasi kuning dengan lauk yang sederhana. Ikan tongkol dan sambal kacang panjang ini sudah lama menjadi primadona di sini. Selain rasanya enak, harganya pun sangat terjangkau .

Dengan 3.000 rupiah dijamin perut akan kenyang sampai siang.

Kalau mau melihat budaya setempat, maka datanglah ke pasar tradisional. Selalu menarik untuk merasakan suasana di pasar tradisional Kalikatak yang berada di kecamatan Arjasa Kangean. Pertemuan antara penjual dan pembeli dengan segala warna-warni barang  dagangan hingga obrolannya.

Satu hal yang menarik perhatian dari warga khususnya kaum perempuan, yaitu banyak perempuan di sini menggunakan perhiasan emas. Meski terpisah dari pulau Madura, para perempuan di Pulau Kangean ini menunjukkan estetika dan identitasnya melalui perhiasan yang dikenakannya.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa di Madura perempuan dan emas tidak dapat dipisahkan dan menjadi kebanggaan setiap perempuan Madura secara turun-temurun.

Masyarakat di Kangean memaksimalkan potensi alam sebagai sumber mata pencaharian. Salah satu tanaman khas Pulau Kangean alias ikon Kangean adalah pohon jati. Barisan tanaman keras bernilai ekonomis tinggi ini menghiasi kebun-kebun warga.

Ada satu hewan yang menjadi ciri khas Kangean.  Ya, ayam bekisar yang menjadi maskot Provinsi Jawa Timur, berasal dari pulau ini. Ayam bekisar adalah ayam persilangan antara ayam hutan sama ayam kampung.

Ayam bekisar selain warna bulu dan jenggernya yang indah, suara kokoknya yang khas menjadikan harga ayam bekisar menjadi selangit. ayam jantan berkokok dengan suaranya yang khas, nyaring sengau. Kokok ini biasanya segera diikuti atau disambut oleh satu atau beberapa jantan yang tinggal berdekatan. Ayam betina berkotek mirip ayam kampung, dengan suara yang lebih kecil-nyaring di pagi hari.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x