Kompas TV nasional berita kompas tv

Data Seluruh Anggota Polri Diduga Dibobol dan Dijual Puluhan Juta oleh Hacker di Pasar Gelap

Selasa, 16 Juni 2020 | 04:00 WIB
data-seluruh-anggota-polri-diduga-dibobol-dan-dijual-puluhan-juta-oleh-hacker-di-pasar-gelap
Ilustrasi peretasan oleh hacker. (Sumber: Pixabay)

JAKARTA, KOMPAS TV - Pendiri Ethical Hacker Indonesia, Teguh Apriyanto, menyebut seseorang mengklaim sudah berhasil membobol data seluruh anggota Polri. Data tersebut kemudian dijual di pasar gelap. 

Sang pembobol atau hacker dengan nama Hojatking yang tak disebut namanya itu dikatakan bisa dengan muda mengakses, mencari dan mengganti data anggota Polri.

Demikian disampaikan Teguh Apriyanto melalui akun Twitter miliknya dengan nama @secgron pada Senin (15/6/2020).

Baca Juga: Diretas Hacker, Tokopedia: Kami Pastikan Info Password dan Data Keuangan, Aman!

Teguh mencontohkan, salah satu anggota polisi yang namanya sengaja diburamkan baru saja dimutasi ke Tim Detasemen Khusus atau Densus 88 Anti Teror.

“Contohnya ini,baru mutase ke Densus 88 eh datanya sudah bocor,” kata Teguh lewat cuitannya seraya menambahkan gambar hasil tangkapan layar.

Tangakapan layar hacker peretas data anggota Polri (Sumber: Twitter @secgron)

Menurut Teguh, akses ke aplikasi untuk mengakses dan mengganti data tersebut dijual seharga 1.200 dollar AS atau setara Rp17 juta.

Penulis : Tito Dirhantoro


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:21
SEJAK JANUARI 2021, POLDA METRO JAYA MENERIMA 10 LAPORAN POLISI & MENETAPKAN 15 TERSANGKA KASUS EKSPLOITASI ANAK   KEMENTERIAN PPPA MENGAPRESIASI UPAYA POLDA METRO JAYA DALAM MENGUNGKAP KASUS EKSPLOITASI ANAK   NOVEL BASWEDAN BERHARAP KAPOLRI BARU BISA UNGKAP KASUS PENYIRAMAN AIR KERAS TERHADAP DIRINYA   KOMPOLNAS DORONG POLISI PELAKU PENEMBAKAN DI CENGKARENG DIPIDANA DENGAN PASAL BERLAPIS   GUBERNUR ANIES BASWEDAN & RIDWAN KAMIL RAIH PENGHARGAAN TOKOH PEMBERDAYAAN 2020 DARI RUMAH ZAKAT   PEMDA YOGYAKARTA OPTIMISTIS SEKOLAH TATAP MUKA DAPAT DIGELAR PADA JULI 2021   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP VAKSINASI COVID-19 KEPADA AWAK MEDIA DILAKSANAKAN DI SELURUH INDONESIA   PRESIDEN JOKOWI PANTAU KEGIATAN VAKSINASI COVID-19 TERHADAP AWAK MEDIA YANG BERLANGSUNG DI STADION GBK, JAKARTA   DIREKTUR ICJR ERASMUS NAPITUPULU MINTA PEMERINTAH PRIORITASKAN VAKSINASI PADA LAPAS DAN RUTAN YANG PADAT   PLT JUBIR KPK ALI FIKRI SEBUT PIHAKNYA TELAH MELAKUKAN VAKSINASI COVID-19 TERHADAP 39 TAHANAN KASUS KORUPSI   WAPRES MA'RUF AMIN TARGETKAN SEBANYAK 1 JUTA WARGA DISUNTIK VAKSIN COVID-19 PER HARI   SATGAS COVID-19: 10 KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA MEMILIKI KASUS AKTIF COVID-19 TERTINGGI DI INDONESIA, SOLO PERTAMA   SATGAS COVID-19: HINGGA SAAT INI, 853.745 TENAGA KESEHATAN SUDAH DIVAKSINASI DOSIS KEDUA, 1.461.920 DOSIS PERTAMA   HINGGA 25 FEBRUARI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA MENCAPAI 1.314.634, 1.121.411 SEMBUH, DAN 35.518 MENINGGAL DUNIA