Kompas TV nasional berita kompas tv

Menkes Terawan: Kami Pantau Sekolah Agar Jadi Zona Hijau dan Tak Ada Lagi Kasus Covid-19

Kompas.tv - 15 Juni 2020, 20:45 WIB
menkes-terawan-kami-pantau-sekolah-agar-jadi-zona-hijau-dan-tak-ada-lagi-kasus-covid-19
Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto (Sumber: Youtube Kemendikbud RI)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto mengatakan ketika di sekolah-sekolah ditemukan kasus terkait kesehatan, maka secara otomatis Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota akan berkoordinasi dengan sekolah tersebut untuk menjaga agar tidak terjadi penyebaran lebih lanjut.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem: Hanya 6 % Peserta Didik di Zona Hijau Belajar Offline, 94 % lainnya Sekolah Online

"Aktivitas sekolah akan dihentikan dulu sementara dan juga terus dilakukan tracing pada anak yang sakit tersebut, dan tracing ini bisa ditelusuri dari lingkunagn anak itu maupun di lingkungannya," ujar Menkes Terawan saat menjawab pertanyaan dari penanya pada Konferensi Pers Pengumuman Panduan Penyelenggaraan Belajar Mengajar di Masa Pandemi melalui video telekonferensi, Senin (15/6/2020).

Terawan menjelaskan, untuk pihak sekolah di kemudian hari dibuka atau tidak, itu nanti mengikuti prosedur tatanan tata 
kelola yang sudah ditetapkan Kemendikbud.

"Kami akan terus memantau sekolah agar menjadi hijau dan tidak ada kasus (Covid-19) lagi, serta bisa dibuka sehingga berjalannya pendidikan bisa lancar. Namun keselamatan dan kesehatan para murid bersama guru dan keluarga murid menjadi prioritas utama," tutur Terawan.

Menurut Terawan, pihaknya bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag) secara teknis dan konsultatif telah membuat protokol kesehatan terkait menyambut tahun ajaran baru 2020/2021.

Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2020/2021 itu, terutama di tengah ancaman pandemi Covid-19, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menyiapkan sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan kesehatan.

Walaupun tidak semua sekolah bisa melaksanakan tahun ajaran baru 2020/2021 secara tatap muka seperti biasanya, tetapi sekolah di zona hijau dapat melaksanakannya dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru 2020/2021, Menkes Terawan Siapkan Fasilitas Kesehatan

"Dari Kemenkes akan menyiapkan sarana dan prasarana kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan baik itu puskesmas dan sarana kesehatan di sekitar sekolah," ujar Terawan dalam pengumuman Panduan Penyelenggaraan Belajar Mengajar di Masa Pandemi melalui video telekonferensi, Senin (15/6/2020). 

Hal tersebut dilakukan dalam rangka melakukan pendampingan promotif, preventif, konsultatif memonitor kegiatan sekolah. 

Terawan mengatakan, pendampingan tersebut akan dilakukan secara terus-menerus selama pandemi Covid-19 ini masih berlangsung. 

"Itu akan kami lakukan terus-menerus dan mudah-mudahan prioritas untuk keselamatan dan kesehatan dari para murid bisa berjalan dengan baik serta kegiatan belajar-mengajar bisa berjalan lancar," kata Terawan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x