Kompas TV travel jelajah indonesia

Mengunjungi Sumur Raksasa di Dunia, Ternyata Ada di Sulawesi Tengah!

Kompas.tv - 15 Juni 2020, 18:01 WIB
Penulis : Desy Hartini

(Video kiriman Sofyan Hartanto/KompasTV)

Salah satu cara untuk mengobati rasa kangenmu karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan menonton video tempat-tempat wisata alias berpetualang secara virtual.

Kali ini, yuk ikut jalan-jalan virtual ke Sulawesi Selatan, tepatnya ke Donggala untuk melihat fenomena alam sumur raksasa yang sangat indah dan terkenal akan kejernihan airnya.

Tempat wisata ini bernama Pusat Laut Donggala dan terletak di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Waktu tempuhnya sendiri kurang lebih satu jam dari Kota Palu dengan jarak sekitar 50 kilometer.

Pusat Laut Donggala ini terbentuk dari fenomena alam berupa lubang besar seperti sumur yang terletak di dekat pantai. Meski tidak terlihat aliran air laut, sumur raksasa ini memiliki air yang asin. Konon, ada sebuah lubang di dalam tanah yang menjadi penghubung pusat laut ini dengan Pantai Donggala.

Kejernihan air di sumur raksasa berdiameter 10 meter ini membuat warga sekitar memanfaatkannya untuk berenang dan bermain air.

Ada yang tak kalah menarik, yaitu saat wisatawan melemparkan uang koin ke dalam sumur alami ini, maka warga akan berlomba-lomba melompat untuk mengambil uang tersebut. Pemandangan seperti ini menjadikan hiburan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Pusat Laut Donggala merupakan salah satu fenomena alam "sinkhole" terbesar di dunia. Inilah yang membuat wisatawan penasaran ingin melihat seperti apa sumur alami yang muncul akibat keajaiban alam tersebut.

Penasaran ingin melihatnya secara langsung? Tunggu sampai PSBB berakhir ya.

#PusatLautDonggala #Donggala #SumurRaksasa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x