Kompas TV regional berita daerah

Kampus Politeknik PU akan Didirikan di Kota Semarang

Senin, 15 Juni 2020 | 15:37 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  akan membangun kampus politeknik Pekerjaan Umum di Kota Semarang. Meski sempat tertunda karena pandemi Covid-19, namun proyek tetap berjalan, pada bulan Oktober memasuki masa tender, sedangkan pembangunan akan dimulai tahun 2021.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kamis siang meninjau lokasi pembangunan politehnik Pekerjaan Umum yang rencananya akan didirikan di Jalan Soekarno-Hatta Kota Semarang. Dengan menempati luas tanah 30 hektar, politeknik PU ini diharapkan bisa menjadi politeknik unggulan. Selama ini, politeknik PU bertempat di daerah Tembalang bekerjasama dengan Universitas Diponegoro.

Basuki hadimuljono usai berkeliling meninjau lokasi mengatakan keberadaan politeknik ini untuk back up SDM Pekerjaan Umum kedepannya, diantaranya untuk teknologi jalan, jembatan, sumber daya air dan bangunan gedung untuk keciptakaryaan.

Menurut Basuki, politeknik ini nantinya akan menjadi politeknik yang terunik, karena dari jumlah empat semester, satu semester berada di kelas dan tiga semester di lapangan. Sistem ini sudah mendapat persetujuan dari Menteri Pendidikan. Politeknik ini akan ada 3 program Diploma yaitu Program Jalan, Jembatan dan Sumber Daya Air dengan total 150 siswa setiap angkatannya.

Meskipun politeknik ini bukan ikatan dinas, namun kampus politeknik ini memiliki asrama. Politeknik PU akan mengeluarkan kebijakan untuk memberi beasiswa, dengan  kriteria yang akan ditentukan oleh rektor nantinya. 

Pembangunan kampus ini akan dilakukan dengan sistem multi year, pada bulan Oktober 2020 akan dilakukan tender, sedangkan pembangunan fisiknya akan dilakukan 2021.

#PoliteknikPU #KotaSemarang #Kampus

 

Editor : KompasTV Jateng



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:22
PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON RESMI JADI TUAN RUMAH KONFERENSI VIRTUAL BANTUAN UNTUK LEDAKAN DI BEIRUT, LEBANON   DIRLANTAS POLDA METRO JAYA: PELANGGAR GANJIL-GENAP DI DKI JAKARTA DITILANG MULAI SENIN, 10 AGUSTUS 2020   KORBAN DARI TERSANGKA KASUS "FETISH" KAIN JARIK INGIN PEMERINTAH SEGERA MELAKUKAN PEMBAHASAN & PENGESAHAN RUU PKS   SEKJEN PDI-P HASTO KRISTIYANTO: PILKADA 2020 AKAN JADI STIMULUS PENGGERAK DI TENGAH LESUNYA PEREKONOMIAN   INDIKATOR POLITIK INDONESIA MINTA PENYELENGGARA PEMILU AWASI CALON PETAHANA SOAL PEMBERIAN BANSOS SELAMA PANDEMI   KEMDIKBUD MEMINTA SEKOLAH TERAPKAN KURIKULUM YANG SAMA BAGI SISWA BELAJAR DI RUMAH DAN DI SEKOLAH   FSGI: KEBIJAKAN PEMERINTAH IZINKAN SEKOLAH TATAP MUKA DI WILAYAH ZONA KUNING BERPOTENSI JADI KLASTER BARU KORONA   SATGAS COVID-19 JAWA TIMUR AKAN TUNGGU WILAYAH MENJADI ZONA HIJAU SEBELUM MEMBUKA SEKOLAH TATAP MUKA   KEPALA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO BERHARAP PIHAK TERKAIT PILIH ORANG YANG TEPAT UNTUK EDUKASI & SOSIALISASI MASKER   KEPALA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO SEBUT ANGKA KESADARAN MENGGUNAKAN MASKER DI INDONESIA MASIH RENDAH   KABUPATEN KULON PROGO, YOGYAKARTA MENCATAT KASUS KEMATIAN PERTAMA AKIBAT KORONA   PENGADILAN NEGERI SURABAYA TUTUP PELAYANAN SELAMA DUA PEKAN SETELAH TUJUH ASN POSITIF KORONA   GUBERNUR SUMSEL: SEMUA PASIEN KONTAK ERAT & KASUS SUSPEK AKAN MENJALANI ISOLASI MANDIRI DI RUMAH MASING-MASING   GUBERNUR SUMSEL: MULAI 31 AGUSTUS 2020, WISMA ATLET JAKABARING PALEMBANG TAK LAGI RAWAT PASIEN KORONA