Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Besok 80 Mal di Jakarta Kembali Buka, Ini Tips Cegah Corona Saat Berbelanja

Kompas.tv - 14 Juni 2020, 22:39 WIB
besok-80-mal-di-jakarta-kembali-buka-ini-tips-cegah-corona-saat-berbelanja
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Emporium Pluit Mall, Jakarta Utara guna melihat simulasi kesiapan pusat perbelanjaan yang dijadwalkan buka pada 15 Juni 2020 mendatang. (Sumber: dok. Pemprov DKI)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Sejumlah pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta kembali dibuka. Sebanyak 80 mal serentak akan buka mulai dari pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Berkurangnya waktu operasional mal karena pegawai yang bekerja hanya berjumlah 50 persen.

Ketua Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat menjelaskan keputusan untuk mengurangi waktu jam buka mal untuk mengikuti protokol kesehatan yang telah dibuat oleh Pemprov DKI Jakarta.

Baca Juga: Mal Dibuka: Pengunjung Hanya Boleh 50 Persen dari Kapasitas Mal

Menurutnya, dalam masa transisi PSBB ini mal belum beroperasi penuh. Namun ia memastikan protokol kesehatan secara ketat tetap dijalankan.

Seperti menerpakan jaga jarak antrean masuk mall dengan jarak 1 meter, pengunjung diharuskan memakai masker.

Pengunjug yang datang harus melawati pemeriksaan suhu tubuh dan penunjung yang dibawah 37,5 derajat yang bisa masuk mal. 

Kemudian kapasitas lift dikurangi dari 15 orang menjadi 6 orang. Untuk naik excalator harus berdiri di step yang diberi tanda. Jarak antar orang adalah 3 step.

Baca Juga: Serba Touchless! Canggihnya Protokol Kesehatan di Mall Central Park

"Toilet juga antre. Dengan jarak 1 meter, pembayaran diusahakan cashless, di resto dine-in dan food court kapasitas juga 50 persen, semua karyawan diwajibkan memakai masker dan faceshield, musholla tanpa karpet dan diberi tanda berjarak 1 meter, harus ada ruangan isolasi yang lengkap dengan peralatan APD, dan oksigen nya untuk P3K, selain itu harus ada parkir sepeda dan parkir motor berjarak 1 meter," ujar Ellen, Minggu (14/6/2020). Dikutip dari Kontan.co.id.

Ellen menambahkan, selain protokol kesehatan, Mal juga mempersiapkan tim gugus kendali covid-19 untuk ikut mengawasi pengunjung yang melepas masker di dalam mal.

Selain itu, setiap hari gedung dan area publik harus dibersihkan dengan disinfectant. Ellen juga menyebut, sebagian Mal memang menyempurnakan peralatan dengan touchless atau tanpa sentuh.

Tujuannya untuk meningkatkan terhindarnya bersentuhan dan juga agar pengunjung lebih yakin dan berani ke Mal.

Baca Juga: Mal Buka 15 Juni, Bioskop dan Area Bermain Belum Dioperasionalkan

"Misalnya di Emporium Pluit Mall yang menjalankan program 100 persen touchless yaitu dengan mengadakan wastafel cuci tangan, sabun cuci tangan dan hand sanitizer otomatis tanpa sentuh. Begitu pula dengan tombol lift yang menggunakan sensor sehingga pengunjung tidak perlu menyentuhnya," ujarnya.


Tips berbelanja

Berikut beberapa tips dalam mencegah penularan saat berbelanja di mal dikutip dari Tribunstyle.

1. Tetap pakai masker

Memakai masker adalah sesuatu yang wajib dilakukan selama pandemi. Hal ini dianggap efektif untuk mencegah virus corona saat kamu berada di tempat umum.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x