Kompas TV nasional berita kompas tv

Jelang New Normal, Jokowi Minta TNI Bantu Disiplinkan Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan

Kompas.tv - 14 Juni 2020, 15:34 WIB
jelang-new-normal-jokowi-minta-tni-bantu-disiplinkan-masyarakat-terapkan-protokol-kesehatan
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sesaat usai berolahraga bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri), Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (tengah) dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/6/2020). (Sumber: Dok Sekretariat Presiden)
Penulis : Deni Muliya

BOGOR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta TNI membantu mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di fase kenormalan baru (new normal). 

Baca Juga: Tiga Kepala Staf TNI Siap Dukung Pemerintah dalam Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru

Jokowi menyatakan disiplin terhadap protokol tersebut amat diperlukan supaya masyarakat dapat tetap produktif namun aman dari penularan Covid-19. 

Hal itu disampaikan Jokowi saat berolahraga bersama tiga Kepala Staf TNI, yakni Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Fadjar Prasetyo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/6/2020). 

"Terus mendisiplinkan masyarakat agar taat kepada protokol kesehatan yang berkaitan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan orang banyak. Saya kira itu yang terus-menerus harus kita sampaikan pada masyarakat," ujar Presiden Jokowi melalui keterangan tertulisnya, Minggu.

Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI yang turut berperan baik dalam pendisiplinan masyarakat terkait protokol kesehatan. 

Ia mengapresiasi TNI atas bantuan evakuasi masyarakat Indonesia di luar negeri saat awal pandemi. 

Baca Juga: Pemakaman Pramono Edhie Wibowo, KSAD: Semoga Dharma Baktinya Jadi Suri Tauladan Bagi Kita Semua

"Saya kira bulan-bulan Januari dan Februari yang lalu, TNI juga membantu dalam rangka evakuasi masyarakat kita yang ada di Wuhan, Jepang, dan beberapa evakuasi ABK kita untuk kembali ke Tanah Air. Ini yang tadi pagi saya sampaikan," tutur Jokowi.

Jokowi sebelumnya sempat meminta masyarakat untuk hidup berdampingan dengan Covid-19. 

Sebab, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan terdapat potensi bahwa virus ini tidak akan segera menghilang dan tetap ada di tengah masyarakat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.