Kompas TV travel jelajah indonesia

Traveler Harus Menjelajah Pulau Kangean Di Timur Madura

Kompas.tv - 14 Juni 2020, 13:20 WIB
Penulis : Herwanto

Salam jelajah,

Perjalanan dimulai di sini di Kota Surabaya perjalanan sekitar 4 jam dan perjalanan laut akan dimulai besok pagi.

Madura menjadi tujuan untuk menuju ke kepulauan paling Timur Madura. Menuju Madura, tentu melewati Jembatan Suramadu, jembatan paling panjang di Indonesia untuk sementara ini,dengan panjang sekitar 5.400 meter.

Hubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura perjuangan yang cukup kota paling timur pulau Madura ini. 4 jam perjalanan dari Surabaya sampai juga di Sumenep ada capek banget lagi.

Negara kepulauan terbesar di dunia tapi mungkin baru sedikit yang tahu kalau Indonesia memiliki pulau yang cantik di Timur Madura berada di Pelabuhan Kalianget destinasi yang berjarak sekitar 175 km dari sini adalah kepulauan dua kali dalam seminggu pergi dan pulang dari Madura ke Kangean. Nggak ada hiburan dangdut di sini.

Sekitar Kepulauan Kangean jam mengarungi laut tiba di Pelabuhan Batu guluk Pulau Kangean. Kangean merupakan gugusan yang terdiri dari 60 pulau. Terdapat 3 kecamatan di Pulau Kangean. Kecamatan Arjasa yang membawahi pulau kangean bagian barat, Kangean yang membawahi Kangean bagian timur, dan Sapeken yang membawahi pulau-pulau kecil di bagian timur kepulauan Kangean.
Untuk menuju ke penginapan ada transportasi yang biasa disebut taksi.

Adalah Apri Arisandi, dosen kelautan, melakukan penelitian ke pulau ini minimal 4 kali dalam setahun. Fokus penelitiannya adalah habitat penanaman terumbu karang di Pulau Kangean dan sekitarnya.
Terumbu karang adalah ekosistem yang paling penting di lautan tapi sayangnya sangat rentan terhadap perubahan lingkungan karena itu penelitian seperti harusnya memang sering dilakukan supaya kita tahu bagaimana keadaan dan kondisi terumbu karang di perairan sini.

Terumbu karang di perairan sini kondisinya sangat memprihatinkan. Sebagian mati dan sisanya hancur.

Bagian tepi pantai terumbu karangnya hancur karena pengeboman dan racun sianida ikan. semakin ke menjauh ke laut kondisi terumbu karangnya lebih bagus.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x